Marhaban Ya Ramadhan

Nggak kerasa udah Ramadhan lagi. Dulu orang tua saya bilang, itu tanda-tanda sudah mau kiamat. Bismillah, semoga masih bisa menikmati Ramadhan yang akan datang ini.

Sempat dengar ceramah Jumat beberapa pekan lalu yang cukup menarik. Sudah hal yang wajar jika manusia berkeluh kesah, karena itu hakikatnya manusia. Namun kita bukanlah manusia, tapi kita upgrade dari manusia. Manusia yang diberi iman. or at least Insya Allah merasa beriman kepada Allah ya. Amiin.

Well, di rujukan surat yang sang khotib sampaikan, disampaikan dengan upgrade iman ini, si manusia seharusnya terlindungi dari rasa keluh kesah dan galau karena berdasarkan surat yang dirujuk tersebut, orang yang beriman memiliki dua senjata : Jika mereka diberikan kemudahan / kenikmatan, mereka bersyukur. Jika mereka diberikan kesukaran / kesulitan, mereka bersabar.

Well implementasinya cukup sukar, at least bagi saya sendiri. Saya suka tersindir atas beberapa analogi pada surat-surat Al-Quran. Itulah hebatnya Alquran, di dalamnya suka diberi analogi-analogi tricky yang masuk akal. Tentu saja karena penciptanya adalah Allah yang Maha Mengetahui segalanya.

Kata khotibnya, sabar, syukur, ditambah dengan ikhlas. Seharusnya tidak lagi ada kegundah gulanaan yang menimpa manusia. Well itu senjata sih ya, apakah Anda menggunakan atau tidak, or minimal apakah Anda mampu dan mau menggunakannya.

Alhamdulillah, Ramadhan tiba, setiap tahunnya. Bagi mereka yang diberi kenikmatan itu sudah saatnya mengasah senjata itu supaya bisa kita terapkan di bulan-bulan lain yang lebih less-religous — dimana kehidupan duniawi menimbun dan membuat kita menjadi gundah gulana / resah dan lupa bahwa selalu ada Dia yang akan menolong kita.

Astagfirullah, semoga kita mendapatkan berkah dan manfaat akan Ramadhan yang akan tiba ini.

Marhaban ya Ramadhan

Be ready guys!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s