Mengenali nomor Identitas caller dengan WhosCall

Berawal tidak sengaja membaca artikel Dhito tentang mengidentifikasi nomor tidak dikenal dengan whoscall, saya berujung pada ikut menginstall aplikasi ini. Sebenarnya tujuan awal hanya coba-coba namun tak disangka berguna juga.

Berhubung saya “terlanjur” menjadi pengguna kartu kredit sudah menjadi rahasia umum informasi kita akan dengan mudahnya beredar di antara kalangan sales marketing CC. Alhasil, hampir selalu ketika saya kerja, istirahat, having fun ada saja telepon dari nomor tidak dikenal. Well, most of them are annoying salesman/woman menawarkan asuransi jiwa, pendidikan, pendaftaran kartu kredit dan semacamnya.

Cara kerja Whoscall sebetulnya cukup simpel. Setiap kali ada telepon masuk kita mendapatkan suggestion dari mana nomor ini berasal. Dan kita bisa mengkonfirmasi sumber informasi tersebut. Misalkan saja kita dapat suggestion bahwa penelepon tidak dikenal tersebut adalah dari sales bank UOB, maka tampak notifikasi UOB calling/memanggil Anda saat menelepon. Ketika kita memutuskan untuk menerima panggilan tersebut, di akhir pembicaraan Anda dapat membantu whoscall memperkaya data mereka dengan melakukan konfirmasi apakah benar UOB yang melakukan call.

Aplikasi ini jelas berbasis komunitas. Yang saya suka dari aplikasi ini ada bentuk “moderasi” sehingga kita bisa memverifikasi sumber nomor yang tidak kita kenali tersebut.

Jangan khawatir nomor teman-teman Anda terblok, karena jika itu nomor yang memang benar-benar tidak dikenali (Tapi teman Anda), biasanya whoscall tidak bisa mengenali nomor tersebut. Kecuali teman Anda sales dari bank tertentu tentunya, hahaha.

Untuk wilayah Jakarta dan kota-kota besar yang pernah saya kunjungi, data-data yang masuk biasanya cukup valid dan lengkap. Saya juga sekarang bisa membedakan mana call dari bank/CC/asuransi yang tidak saya inginkan atau call dari bank penerbit CC saya.

Cukup berguna untuk saya, semoga hasil bagi ini bisa memberi manfaat bagi kalian.

Tinggalkan Balasan

