FolderSize untuk mengecek folder mana yang memenuhi hardiskmu

Buat kalian yang sudah familiar dengan linux, pasti tidak asing dengan command console df -k, dimana dengan melakukan command itu kamu bisa tahu distribusi penggunaan storage, dan secara spesifik bisa melihat perilaku folder-folder di operating system kita.

Well, how bout Windows?

Native Tools untuk windows?

(1) Disk Cleanup, cukup baik mengelompokkan mana file-file yang delete-able. Tapi sayangnya disk cleanup hanya generic melakukan pengecekan pada folder-folder generic windows saja seperti temporary internet cache, recycle bin, stored password, dll. Setelah diclean up biasanya gak bisa menghilangkan space di atas 1 GB.

(2) Uninstall program yg tidak penting. Well, obviously. Tapi terkadang bukan ini yang kita butuhkan.

(3) Manually Searching for unused files. Pakai windows explorer tentunya, haha. Nah terkadang kita setiap download menyimpan file secara default ke folder documents, music, video, atau download yang kalau tidak kita maintain dengan baik akan dengan mudahnya menumpuk di drive C. Tapi beneran nih, mau cari manual setiap saat?

setelah googling sana-sini ternyata ada aplikasi yang OK untuk itu, FolderSizes. Trial-Apps berbayar (langsung nyari crack nya :p ). Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan analisa penggunaan hardisk terbesar di mana. Hebatnya lagi aplikasi ini bisa mengecek sampai level file.

Et voila, ternyata untuk kasus saya, 1 file temporary videonya yang memakan space hingga 15 GB!! Dan beberapa folder lain juga saya temukan untuk menjadi masukan untuk di delete.

Salam Df -k

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s