Cara Perpanjang SIM A, SIM C, dan STNK

Ngurus KTP, SIM A, SIM C, STNK yang kadaluarsa dalam waktu berbarengan itu merepotkan ya. Sebagai dokumentasi saya mau share cara perpanjangan 5 tahun SIM A/C dan STNK. Gak usah nyari calo, cepet kok.

PERPANJANGAN SIM A/C

Perpanjangan SIM A/C 5 tahun relatif mudah untuk diproses. Berikut prerequisite yang harus kalian siapkan :

  1. SIM asli
  2. Surat Tanda Sehat
  3. KTP/e-KTP atau Kartu Keluarga (yang masih berlaku tentunya) + Foto copy nya (entah KTP/e-KTP atau kartu keluarga)
  4. Uang (SIM A perpanjangan 75 ribu, SIM C perpanjangan 50 ribu)
  5. Pasang mode cantik/ganteng

Proses singkatnya :

  1. Cek kesehatan, buat surat tanda sehat, biasanya di TKP disediakan kalau tidak bisa mencari di posyandu atau RS terdekat. Buat asuransi di loket asuransi. Disini Anda akan diminta foto kopi SIM dan Surat Tanda Sehat. Anda juga diminta membayar uang asuransi di bawah 50 ribu. Agak lupa-lupa ingat berapanya. Dari sini Anda akan diberi Kartu Asuransi yang baru.
  2. Pergi ke Loket Bank, untuk request perpanjangan nanti Anda akan diminta untuk membayar. Normalnya anda cukup membayar sedikit, namun kalau Anda terlambat membayar (sebelum SIM asli nya mati atau kurang dari setahun) Anda akan terkena biaya pinalti tambahan. Saya lupa bayar berapa/ yang jelas yang harusnya 125 ribu menjadi sekitar 200 ribuan. Dari sini Anda akan diberi Formulir Pendaftaran. Biasanya sudah dicap “Perpanjangan SIM A” atau C
  3. Isi berkas pendaftaran sesuai petunjuk. Anda dapat mencari meja pengisian formulir. Di tempat tersebut biasanya ada panduan cara mengisinya. Jangan lupa mark formulir Anda dengan jenis pendaftaran Perpanjangan. Isi formulir tersebut selengkapnya sesuai panduan.
  4. Masukkan Berkas yang sudah dirapikan di loket bank ke Loket Pendaftaran (Formulir perpanjangan SIM yang telah Anda Isii, SIM asli, foto kopi KTP atau Kartu Keluarga).
  5. Anda akan dipanggil untuk verifikasi dokumen dan foto di Loket Foto. Di sinilah pentingnya mode ganteng/cantik yang Anda butuhkan. Jangan seperti saya yang pakai kaos bolong-bolong, rambut belum cukur, dan berkumis.
  6. Anda tinggal menunggu untuk dipanggil untuk mengambil SIM di Loket Pengambilan SIM 

Estimasi waktu pemrosesan : minimal 2-3 jam dalam kondisi medium ramai.

Tempat pemrosesan : Polres, Gerai SIM, Ruko/Venue Perpanjangan SIM.

Waktu pemrosesan : Senin-Jumat : Loket pendaftaran tutup s.d jam 3, Sabtu s.d jam 11. Semua berkas yang telah masuk ke loket pendaftaran akan diproses sampai selesai jam berapapun itu.

Tips : Kalau Anda terlambat memperpanjang SIM, stay calm. Kalau sudah terlambat, mau terlambat 1 hari atau 364 hari gak ada bedanya. Selama SIM belum kadaluarsa biaya pinalti terlambat bayarnya sama aja.

PERPANJANGAN STNK

Apa yang harus Anda siapkan?

  1. KTP pemilik atau yang tertera pada BPKB + foto kopi 2x
  2. BPKB, Buku pemilik Kendaraan Bermotor + foto kopi 2x
  3. STNK Asli/lama + foto kopi
  4. Map <– Item ini mereka gak mau tahu, kalian harus siapkan
  5. Pulpen
  6. KENDARAAN ANDA <– Untuk Cek Fisik

What to do?

  1. Langsung ke Area Pengecekan – Loket Cek Fisik. Begitu datang segera ke sini. Ini adalah langkah pertama perpanjangan STNK. Bawa Kendaraan Anda ke tempat ini. Di dekat loket cek fisik biasanya ada suatu area tempat dimana motor/mobil bisa dimintakan tolong untuk dicek nomor rangka kendaraan dan nomor mesin kendaraan. Saya di sini nggak ngasih tip apa-apa. Anda akan mendapatkan dua kertas yang telah digosokkan nomor rangka dan nomor mesinnya. Kalau apes Anda harus gosok sendiri (curcol)😦
    Tip : Rp 0,-
    Estimasi : 15-60 menit. Kepadatan medium.
  2. Selanjutnya Berikan semua berkas KTP, BPKB, STNK plus fotocopynya, Dua helai gosokan nomor mesin dan rangka ke petugas Loket Cek Fisik. Harusnya di setiap loket BPKB asli Anda akan dikembalikan lagi, karena itu bukti nyata kepemilikan kendaraan Anda. Setelah diverifikasi Anda akan mendapatkan sejumlah berkas tambahan yang Anda tak perlu tahu apa.
    Fee : Rp 50,000,-
    Estimasi : 10-30 menit. Kepadatan medium
  3. Selanjutnya pergi ke Loket Pendaftaran Perpanjangan STNK. Disini Anda akan menyerahkan semua berkas selain BPKB asli. Anda akan diberikan formulir pendaftaran, diminta mengisi beberapa kolom saja, sisanya akan dilengkapi oleh petugas. Serahkan semuanya, Anda selanjutnya harus menunggu relatif lama di posisi ini.
    Fee : Rp 50,000,-
    Estimasi : 60-90 menit. Kepadatan medium-ramai
  4. Selanjutnya menunggu di dekat Loket Pembayaran. Anda akan menunggu sampai dipanggil. Saya lupa bayar berapa perpanjangan STNK. Karena saya ada denda terlambat juga saya dikenakan pinalti plus biaya perpanjang sekitar 150 ribuan.
    Fee : Around 100k, maybe
    Estimasi 30-60 menit. Kepadatan medium-ramai
  5. Selanjutnya menunggu di dekat Loket Pengambilan STNK. Anda akan menunggu sampai nama Anda dipanggil. Anda akan menerima STNK baru Anda dan satu buah formulir untuk pengambilan Plat Motor.
    Fee : Rp 0,-
    Estimasi 30-60 menit.
  6. Selanjutnya Anda menuju ke Loket Pengambilan Plat Motor. Anda akan mendapatkan plat baru dengan durasi waktu kadaluarsa yang lebih update (plus 5 tahun). Serahkan satu buah dokumen yang telah diberikan di loket sebelumnya. Di sini Anda bisa mendapatkan Plat baru tersebut untuk bisa Anda pasangkan di kendaraan Anda.
    Fee : Rp 0,-
    Estimasi 10-45 menit.

Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s