Kampung Naga – Gunung Galunggung

One day trip. Two places

Sebenarnya males nulis cuy, tapi apa boleh buat. Singkat cerita aja ya.

Sabtu, ada tawaran short trip ke Gn Galunggung plus Kampung Naga. Yang terpikir waktu itu, hmm.. kaya Papandayan kali ya (walaupun cuma wacana aja kesana 2x dan gagal semua).

Awalnya kita mau pergi naik kendaraan umum, namun setelah dipertimbangkan lagi akhirnya kita sewa mobil.

05.00 :
Geng kumpul di Rancaekek pukul 5 pagi, walaupun akhirnya ngaret berangkat setengah 6.

07.00 :
Kampung Naga, komplek warga tradisional daerah Garut. Konon katanya ada 420 anak tangga. Kampung Naga sebenarnya singkatan atau pergeseran nama dari “diNA-GAwir” yang artinya pada lembah (bahasa Sunda). Di tempat ini terdapat 108 kepala keluarga dan sekitar 132 bangunan. Tidak boleh ada tambahan bangunan lagi s.d detik ini. Tidak ada listrik yang masuk ke daerah ini. Walaupun tidak seketat kampung tradisional Baduy, tapi beberapa hal ada kemiripan dengan kampung Baduy (walaupun saya belum pernah ke sana sih). Bangunan kampung naga ada kemiripan dengan rumah toraja dari sisi bahan gentengnya. Mereka menggunakan ijuk kelapa yang tampak sejuk kalau tinggal di dalamnya. Ada justru beberapa rumah yang sudah memiliki kaca jendela. Penduduk di kampung ini beragama Muslim, terlihat dari salah satu bangunan yang merupakan masjid.

09.45 :
Kembali mendaki 420 anak tangga. Kami mengakhiri sesi di Kampung Naga ini di sini. Kami melanjutkan perjalanan ke arah Gunung Galunggung.

11.00 :
Kami tiba juga di daerah Garut. Kami makan siang di Singaparna. Kalau ada yang ingat sejarah, barangkali ada yang ingat Zainal Abidin Mustofa, seorang priyai asal Garut yang menolak hormat kepada bendera Jepang.

11.30 :
Masuk ke pintu gerbang kawasan Gunung Galunggung kami mulai mendaki (pakai mobil dong hehe) jalan yang berliku-liku melalui jalan yang telah diaspal.

12.00 :
Kami tiba di bawah kawah Gunung Galunggung. Dari titik ini kami harus mendaki 650 anak tangga. Singkat cerita : melelahkan. Kira-kira kami menaiki tangga tersebut selama 16-18 menit.

13.00 :
Setiba di puncak kawah kami melihat pemandangan yang indah sekali. Di sini kami bisa melihat cerukan kawah danau dari atas. Lalu Mbak Endah selaku sang koordinator, menunjuk satu tempat di bawah kawah yang katanya adalah Masjid, satu-satunya bangunan yang masih berdiri setelah kawah Gunung Galunggung meletus. Subhanallah. Selain itu tempat menarik lainnya adalah terowongan air. Air yang menggenang di kawah dibuatkan terowongan ke sisi luar kawah. Tujuannya agar tebing kawah tidak longsor karena kawah dipenuhi oleh air.

14.00 :
Masjid yang ditunjuk Mbak Endah di bawah ujung dari kawah ini, rupanya jadi destinasi kita. Kita berkeliling kawah lalu menuruni lembah masuk ke dalam kawah. Ini masih aktif konon katanya. Damn. Akhirnya kami tiba di bawah. Sampai bawah kami tak melihat satupun bangunan itu. Like a magic. Kita kehilangan jejak. Karena sudah menyerah akhirnya kita menghampiri bukit “Samosir” di tengah danau yang tidak sengaja terbuat di kawah itu. Take a photo anywhere, anytime, any spots!

15.00 :
Tiba-tiba kabut turun. Sempat di satu momen di sekeliling kami tertutup kabut hingga putih susu. Kami memutuskan untuk pulang dan kembali ke atas kawah, untuk kembali turun ke sisi luar kawah (kami masih di dalam kawah).

17.20 :
Setelah Shalat Jama’, kita pulang. Jalanan malam minggu macet. Kami tiba di rumah masing-masing pukul 23.00.

Trip no. 1 Tahun 2014.

Conclusion : Setelah dihitung-hitung bertujuh, satu trip ini, nyewa mobil + bensin, makan siang, dan administrasi lain-lain cuma ngabisin 112 ribu saja. Oleh-oleh nggak dihitung tentunya.

Satu pemikiran pada “Kampung Naga – Gunung Galunggung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s