Angkot paling annoying sedunia

Lebay sih.

Tapi berdasarkan pengalaman perangkotan umum selama hidup di dunia, angkot inilah yang nasibnya kalau gw boleh bilang, “hidup segan mati tak mau”. The most annoying angkot in the world.

Route/Type

Angkot Gerlong-Sarijadi/ Angkot warna kuning telor asin/ Bentuknya angkot carry yang depannya nggak ada moncongnya. Angkot akan menyusuri jalan Gegerkalong, lewat kecamatan/kantor polisi, lalu menyusuri Sarijadi dan kemudian masuk ke Sarimanah, dengan ujungnya adalah Pasar Cibogo/Flat.

Jam operasi

Angkot ini beroperasi pukul 5 pagi sampai 5 sore. Malam hari ngetem sampai jam 9 malam untuk keberangkatan terakhir.

Keluhan

Pertama, angkot ini ngetem luar biasa lama di starting point, atau dimanapun pertama kali kita naik angkot ini.

Kedua, angkot ini akan berhenti at least 3 menit untuk setiap lorong yang ditemui di jalan. Bahkan ketika lorong lurus panjang itu tak menunjukkan adanya tanda-tanda kehidupan. Mungkin sang supir berusaha mencari secercah harapan kalau-kalau ada penumpang yang muncul tiba-tiba dari udara.

Ketiga, anggaplah akhirnya angkot ini berangkat, mereka akan berjalan selambat mungkin sedemikian rupa sehingga tidak ada semut atau belalang yang tertabrak.

Keempat, Ramah? Dingin? Tiis? Suatu ketika gw sudah menunggu angkot ini mengetem hingga sekitar setengah jam. Lalu gw coba gertak sambal. “Kang, masih lama?”

“Iya, masih lama”

“Kalau masih lama saya mau pindah angkot nih”, sedikit dengan nada datar mengancam.

“Yauah sok aja”

“….”

Kelima, berdasarkan pengakuan beberapa orang, ada banyak kejadian dimana orang-orang telat yang naik angkot ini akhirnya menyerah dan memutuskan untuk :

a) pindah angkot lain, Sarijadi-Ciroyom

b) turun di pangkalan ojek, dan naik ojek

c) jalan kaki

d) marah-marah sama tukang angkot, tapi gak bisa berbuat apa-apa karena gak ada angkot lain

bahkan, beberapa orang yang ingin ke setiabudi lebih memilih angkot Sarijadi Ciroyom dari awal, lalu turun di persimpangan Cipedes, untuk jalan kaki sebentar.

Miris

Sebenarnya gw prihatin dengan situasi yang dialami angkot ini. Sikap lambat, dan sering ngetem yang dialami angkot ini sebenarnya ada alasannya. Simak kisah sang angkot kuning telor asin ini. Correct Me If I don’t state it right.

Alkisah, jalanan gerlong-Sarijadi tuh dulu sepi. Tempat paling dikenal orang barangkali pusdiklat Telkom (sekarang bernama TCU), polban, dan atau KPAD. Alhasil, jalanan yang sepi dan belum ada rute angkot menyebabkan jalanan dikuasai oleh para tukang ojek.

Tak dinyana angkot kuning ini muncul, yang mengambil jatah penumpang tukang ojek. Kalau dihitung-hitung dengan tarif hari ini ojek dari Setiabudi (pangkal gerlong) menuju sekitar sarijadi adalah around 10-15 ribu. Dengan kehadiran angkot tentu saja mengambil jatah mereka. Akhirnya konon berdasarkan pengakuan beberapa pihak di daerah sana, terjadilah bentrok antara supir angkot dan tukang ojek. Grup tukang ojek gerlong semacam melabrak angkot-angkot yang beroperasi di atas jam 6. Disanalah asal muasal jam operasi angkot tersebut hanya sampai pukul 6 sore.

Wajar kalau setelahnya angkot ini berusaha keras mencari penumpang dari pagi hingga sore. Walaupun menurut gw, hal itu justru berdampak sebaliknya, penumpang kesal dan angkot pun jadi sering terlihat kosong. Barangkali angkot penuh saat angkot Sarijadi-Ciroyom lagi sepi.

Penasaran dengan omzet mereka per hari, apakah mereka sudah merasa cukup dengan trayek tersebut, dimana penumpangnya relatif sepi. Gw gak pernah survey ke dinas perhubungan terkait distribusi trayek sih. But, my eyes can’t lie

Kesimpulan

Kasihan sebenarnya sama angkot ini, Kenapa ya mereka nggak dikasih tambahan trayek misalnya Sarijadi-Ledeng? atau sekalian pindah trayek?

@Penulis orang yang pernah naik angkot ini yang ngetem setengah jam dan akhirnya jalan kaki gara-gara angkot ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s