AndEngine v Cocos-2D v LibGdx

Q : Ada yang tahu mana lib engine android game paling oke diantara AndEngine, Cocos 2D, ataupun Libgdx?

So far, dari baca-baca kalau mau dibandingkan andengine v libgdx yang lebih setara. Cocos 2D konon katanya lebih merupakan tool bantu untuk membangun user experience. Cmiiw. Ini beberapa pro-kontra yang saya temukan di internet.

AndEngine

  • [pros] Cukup Komplit fiturnya
  • [kons] dokumentasi kodingan/api lemah
  • [pros] banyak sample app yang sudah jadi. So learning by reverse engineering
  • [kons] versi AndEngine yang terbaru GLES2 maupun GLES2-anchorcenter untuk beberapa game dianggap performanya lebih lambat
  • [pros] community cukup kuat

Libgdx

  • [pros] Cukup komplit fiturnya
  • [pros] dokumentasi dan sample app yang cukup besar
  • [pros] community cukup kuat
  • [kons] belum nemu

Kalau dilihat berdasarkan jumlah pro dan kontra masing-masing engine rasanya kurang fair. Tapi so far sejauh ini lebih enjoy pakai AndEngine. APInya saya pikir lebih simpel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s