Tokusatsu Indonesia

Tokusatsu kalau kata temen gw semacam film hero seperti Kamen Rider, Ksatria Baja Hitam, dll. Penggemar tokusatsu di Indonesia sendiri cukup banyak. Gw punya teman yang rela ikut ajang kontes cosplay tokusatsu. Saking niatnya ia bikin sendiri kostumnya dengan bahan-bahan yang luar biasa mahal. Berita baiknya buat penggemar tokusatsu di Indonesia, sekarang ada film seri setiap Minggu Jam setengah 9 di RCTI mengangkat tema tokusatsu. Bima Sakti Garuda.

Bekerja sama dengan Production House Jepang yang sudah sering memproduksi film sekelas kamen rider, ini menjadi bahan baru tontonan buat anak Indonesia yang saat ini sudah cukup sedikit diberi hiburan. Pemeran di film itu juga bagus sesuai dengan pasarnya, ada Stella JKT 48, kemudian cover songnya dinyanyikan oleh Ungu.

Selain Bima Satria Garuda, ada pula webseries tokusatsu bertema dark/noir dengan judul Sphere : Trinity (yang sudah masuk season ketiga). Tokusatsu ini awalnya adalah salah satu tugas akhir dari anak DKV universitas Petra Surabaya yang kemudian diteruskan untuk menjadi series. Pengambilan angle gambar yang sudah cukup bagus, dan visual effect yang decent untuk ukuran tokusatsu. Sayang plot ceritanya masih kurang, secara ini film iseng tanpa sponsor. Great and creative!

Enjoy the vfx, and the Sphere!

ini wawancara duniaku.net dengan pembuatnya

***

Keterangan: (N): Naburo (OP): Original Picture yang diwakili Charles..

N: Oke selamat siang Original Picture. Hal pertama yang saya mau tanyakan, kenapa judulnya Sphere Trinity?
OP: Selamat siang, Judul Spheres Trinity ini sebetulnya kita ambil dari kata tri ya.. Karena karakter utama atau yg dikenal sebagai heronya berjumlah 3 orang. Yang pertama Gallant yang berwarna merah, kedua Zeal yang berwarna biru dan Siva yang berwarna putih keemasan. Selain itu ini adalah sekuel ke 3 spheres, yang dulu sebelumnya kita pernah bikin di tahun 2004 berjudul Spheres, kedua berjudul Spheres Unleashed 2007 dan yang terakhir ini Spheres Trinity yang berformat lain dari 2 prekuelnya yaitu format webseries.

N: Sudah berapa lama kah proyek ini dimulai?
OP: Kalo Spheres Trinity ide muncul waktu tahun 2009 ya. Gara-gara hobi nulis cerita.. Jeffry nunjukin cerita ke saya.. Itupun sebenarnya saya udah agak males ya untuk ngelanjutin project Spheres yangg jelas ga ada untungnya selama ini buat kita.. Haha karena sudah 2 film kok ya tetep aja indie format trus lagi kondisi temen-temen kru yang udah kerja dan berkeluarga yang lebih membuat saya pesimis untuk melanjutkan project ini. Tetapi dengan penuh usaha jeffry bilang kalo kita ga keburu buru produksi Spheres Trinity, sambil berjalannya waktu saya membantu untuk menuliskan script trinity dan kita sempet mempromosikan kembali Spheres disela2 kita membuat script dan storyboard nya promo disalah satu event toyfair di surabaya dengan membuat live action show di event tersebut dengan judul Spheres vs Masked (kamen) Rider dan teasernya sempet kita share di sosial media dan responnya lumayan, ternyata juga ada yg ga tau apa itu Spheres dan resmi nya episode 1 kita produksi bulan mei tgl 5dan 7 di tahun 2012, resmi diupload tgl 7 juli 2012

N: Apakah banyak orang sudah mengenal Sphere sendiri?
OP: Kalo mengenal sih belum terlalu banyak ya.. Banyak yang bertanya-tanya karena juga kita buat film ketiga ini bukan dari awal.. Kebanyakan masih bingung dan kita juga share video ini ke forum toku baik lokal mamupun luar.

N: Lalu, apakah Sphere sendiri sudah mendirikan/ didirikan komunitasnya sendiri?
OP: Kalo komunitas tidak ada ya dan kita sebenarnya, kita ga buat komunitas sih, kebanyakan beberapa temen yg bergabung di Spheres adalah temen kuliah, dan temen kolektor action figure serta cosplayer.

N: Oh ya, btw tim Origin Picture ini dimulai sejak kapan? Dan katanya bnyk dari lulusan Univ UK Petra juga ya?
OP: Tim Origin Picture kita bener cuma buat project Spheres aja ya.. Kita bukan suatu badan usaha yang profesional dan commercial, kita cuma membuat nama seolah olah kita semacam rumah produksi. Soalnya nama ini dibuat untuk prasyarat waktu tugas akhir kuliah tahun 2004 dulu. Team nya pun beda-beda tiap season, cuman memang ada beberapa temen yang masih selalu eksis bersama kita dalam produksi film ini. Trus soal lulusan DKV UK Petra memang betul, kaya saya Charles, Jeffry Sung produser, trus Rizal director of photography, Chriz (bagian behind the scene), Benny Setiawan(photographer), Happy yang jadi Lisa .Ada yg lulusan DKV Petra kalo lainnya temen-temen aja kok.

N: Sampai sekarang ini sudah ada 2 episode untuk seri Sphere Trinity (ini yang versi ketiga kan?), nah rencananya akan dibuat hingga episode berapa nih?
OP: Betul ini adalah film yg ketiga, sebenarnya untuk Trinity kita ga rencana bikin seri panjang ya kita akan selesaikan di seri ke 4 karena masalah dana juga yangg terbatas. Syukur-syukur dapet sponsor bisa lanjut Spheres season terbaru ntah judulnya apa atau remake film kita yang lama, tapi yg jelas inti cerita dispheres trinity adalah kita hanya mengenalkan karakter Spheres ketiga yaitu siva (Dewi) yang diperankan Nadya Roviano.

N: Untuk kedepannya nih.. Sphere Trinity ini akan sampai kemana? Apakah masuk stasiun televisi Indonesia? Mau diajukan? Atau sudah diajukan?
OP: Kalo resmi ke stasiun tv belum ya, karena kita ga ada channel untuk masuk kesana, masuk gedung pun mungkin dah sampe stop di security hehehe (becanda), kalo nawarkan sih ke ph ya kemarin, khususnya ph yang memproduksi tv program, karena dia yang bisa masukan kesana. Tapi mereka ya sebatas tanya-tanya saja.. Dan ujung-ujungnya mau buat sendiri.

N: Terima kasih atas waktunya.. Maju terus Sphere.. Maju terus Tokusatsu Indonesia..
OP: Ok.. Ditunggu liputanya bro Eric..

– See more at: http://www.duniaku.net/2012/11/29/jelajahi-dunia-tokusatsu-indonesia-sphere-trinity/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s