Cloud Atlas

[SPOILER ALERT]

Rating 7.9/10

Ini review singkat tentang film Tom Hanks dan Halle Berry yang baru saja diputar di Indonesia. Konsep ceritanya menarik mengusung tagline “bahwa setiap kehidupan akan berlanjut pada kehidupan selanjutnya”. Film ini punya beberapa pesan politik seperti stop perbudakan/penjajahan/penindasan/diskriminasi

Cerita dibagi menjadi 7 plot yang berbeda dari 7 potongan segmen waktu, berikut adalah rangkumannya (hasil diskusi setelah nonton):

  1. Adam Ewing, sekitar tahun 1870-an. Seorang misionaris kulit putih sedang berangkat menuju suatu tempat untuk membawa misi surat perjanjian tentang perbudakan. Di kapal tempat ia berlayar, Ia bertemu dengan seorang budak yang pada akhirnya mereka punya hubungan saling menghormati. Di kapal itu ia diracuni oleh awak kapal yang ingin merampas emas yang dimiliki olehnya. Akhirnya ia diselamatkan oleh sang budak, dan ia menolak untuk mengikuti perintah atasannya untuk menjalankan program perbudakan. Di plot ini ia menghasilkan buku diary yang akan menjadi inspirasi bagi plot lainnya.
  2. Tahun 1930-an. Robert Fischer, seorang gay dan musisi jenius. Untuk membuktikan kemampuannya ia bekerja pada seorang musisi veteran yang sudah tua sekali. Ia mendapatkan banyak pelajaran darinya. Tapi lama kelamaan ia seperti diperbudak oleh gurunya. Ia ditentang untuk menciptakan karya sendiri. Gurunya mengancam, bahwa di dunia musik, pengaruh dari orang terkemuka bisa menghambat karir seorang musisi amatir. Karya terbaiknya, Cloud Atlas, ia pertahankan agar tidak diambil oleh gurunya hingga ia harus membunuh gurunya. Ending dari plot ini diakhiri dengan tragis. Robert Fischer bunuh diri. Mungkin dengan maksud menyampaikan pesan bahwa karya cloud atlas ini adalah miliknya. Di plot ini Cloud Atlas dan Pacar gaynya menjadi benang merah untuk plot selanjutnya.
  3. Tahun 1970-an. Pacar gay dari plot sebelumnya, Sixsmith, sukses dengan karirnya. Ia bekerja pada suatu perusahaan nuklir yang sebenarnya ditentang oleh masyarakat. Halle Berry berperan sebagai seorang penulis berita, Rey. Ia bertemu dengan Sixsmith di suatu kesempatan. Rey terlibat dengan pembunuh bayaran atasan Sixsmith yang ingin membungkam orang-orang yang mengetahui rahasia dari perusahaannya. Sixsmith tewas dalam prosesnya. Rey juga hampir dibunuh, hingga pada akhirnya Rey berhasil keluar dari jejaring pembunuh bayaran tersebut. Hubungan plot ini dengan lainnya adalah bahwa perusahaan nuklir ini akan menjadi perusahaan yang eksis di plot ke 5.
  4. Tahun 2012. Cerita plot ini saya nilai sebagai intermezzo dari film ini. Agak nggak penting tapi masih berhubungan dengan skema jalan cerita keseluruhan Cloud Atlas. Inti cerita ini adalah ada seorang kakak adik dari keluarga Cavendish. Point of Viewnya adalah Cavendish junior yang memiliki background di writing (menulis buku, dan lainnya). Jujur saja, ia gak punya talenta sama sekali. Ia dililit banyak hutang termasuk kepada kakaknya. Ia “dijebloskan” oleh kakaknya ke panti jompo. Serunya plot ini adalah usaha Cavendish beserta geng panti jompo lainnya untuk keluar dari kekangan pengasuh panti jompo mereka. Hubungan plot ini adalah Cavendish menceritakan kisah keluar dari panti Jompo tersebut ke dalam sebuah film. Film yang norak tapi sangat penting untuk plot ke 5.
  5. Tahun 2144. Di bumi ada 2 jenis manusia. Manusia bayi tabung yang dianalogikan sebagai budak. Dan manusia. Di New Seoul, di suatu Cafe modern terdapat Soonmi sebagai point of view utama. Ia adalah pelayan di cafe tersebut. Ia harus menuruti semua prosedur menjadi pelayan. Di suatu kesempatan Soonmi berkesempatan melakukan pelanggaran dengan menonton film. Kebetulan film yang ditonton adalah film Cavendish. Karena Soonmi belum pernah melihat film sama sekali film itu sangat teringat di benaknya dan menjadi inspirasi bagi dirinya. Ia ditolong oleh seorang perwira pemberontak yang ingin menghancurkan tembok diskriminasi antara kaum manusia tabung dan manusia asli.
  6. Tahun 2192. Soonmi disembah sebagai dewa pada era itu oleh kaum The Valley.
  7. Endingnya silakan ditonton sendiri🙂

So, Inti ceritanya adalah tentang “how I met your grandmother”. lol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s