“Become a Legend” vs Futsal

Ternyata pengaruh main become a legend dari game Pro Evolution Soccer berpengaruh besar pada tactical futsal gw. Tentu saja faktor stamina sangat berpengaruh di sini. Mari tak usah kita pikirkan faktor itu.

Kemampuan Become a Legend gw meningkat sebanding dengan peningkatan tactical thought di futsal.

  1. Dari sisi positioning dan off the ball, gw dituntut untuk lebih bergerak. Gw jadi lebih paham mana ruang terbuka yang lebih baik.
  2. Dari sisi composing, pemain bola nggak serusuh itu juga kalau cuma main-main. Jadi gw sekarang lebih calm kalo sedang dapet bola.
  3. Dari sisi melihat kawan. Ada hubungannya dengan stay composed. Gw jadi bisa lebih bisa berpikir apa yang harus gw lakukan selanjutnya. Diantaranya melihat kawan.
  4. Dari sisi first touch. Di sepak bola (Ataupun di PES) skill ini nggak terlalu diperlukan karena lapang sangat luas. Tapi di futsal skill ini sangat penting. Di PES gw menyadari itu juga. Kelihatan sekali bedanya gerakan pemain saat mendapat bola sebelum dan setelah mendapatkan skill “first touch”. Ada delay kurang dari satu detik yang sangat berharga ketika first touch kita nggak bagus.
  5. Manajemen movement. Di BAL PES gw belajar banyak bagaimana memanajemen gerakan supaya nggak terlalu menghabiskan stamina.

Yang kurang dikuasai dari skill set yang ingin gw kuasai adalah

  • Pass through the opposition player. Heran temen-temen gw atau kolega kantor bisa ngelewatin pemain dengan hebat
  • Dribble and Ball control
  • Powerful Shoot
  • Defend decision ketika berhadapan 2 lawan di depan gawang

Well, I’m not a mastah.. tapi untuk orang yang baru main futsal kurang dari 10 kali gw bisa memberi applause untuk diri gw sendiri. Ayooh futsal!!

Tinggalkan Balasan

