Flash News Post [Februari 2013]

Mau merangkum berbagai pikiran yang belum sempat tersampaikan karena batasan internet lemot, dan waktu yang singkat untuk main-main selama satu bulan ini. Flash News Post Februari 2013, here we go!

Table of Contents

  1. KEPO
  2. Harlem Shake
  3. Yahoo Alias
  4. Bordex vs Promag vs Kuku Bima
  5. February : Month of Crimes
  6. Bloody Valentine
  7. Java Jazz Jakarta
  8. Mengakali intent dengan public static
  9. Google Glass

KEPO

Entah ini bahasa slank atau enggak, atau cuma karangan orang aja, tapi cukup make sense kalau ternyata KEPO tuh singkatan dari Knowing every particular objects atau Keeping eye on particular object. 

Ini tagline yang paling top dikalangan temen-temen gw belakangan ini. Pengen tahu aja! Menurut gw sih, sah-sah aja kepo, selama dalam batas pelajaran. Semakin kepo, semakin kaya pengetahuannya dong, hohoho!

Harlem Shake

Pertama kali tahu sekitar tanggal 17-an februari. Video viral seperti flashmob ini tiba-tiba membahana dunia maya. Konsepnya adalah 30 detik dari aransmen musik Bauer – Harlem Shake. 15 detik pertama akan muncul satu orang bertopeng yang melakukan gerakan dance sembarang yang unik. Sementara orang lainnya terkesan acuh terhadap orang ini. Setelah 15 detik, tiba-tiba semua orang menjadi ikut gerakan dance sembarang itu dengan aneka kostum dan gerakan yang lucu.

Tidak jelas siapa yang mempopulerkan video ini pertama kali, video viral harlem shake sudah beredar dimana-mana mulai dari tingkat kampus, kantor, hingga internasional. Beberapa orang masih belum paham dimana letak menariknya dari video harlem shake ini. Awalnya gw pribadi ngakak liat video-video ini, tapi lama kelamaan kelihatan garing juga ya😐

Con Los Terroritas!

Yahoo Alias!

Baru tahu kalau ternyata email yahoo bisa dibuat aliasnya. Kita bisa login pakai keduanya, dengan inbox yang sama. Di YM-pun bisa login menggunakan kedua akun, namun jika login menggunakan alias kita, user lain tidak akan bisa melihat kita.

Mungkin yahoo alias sudah ada sejak lama, tapi gw baru nyadar sekarang, hahaha! Lumayan buat rename email “alay” kita ketika sudah memasuki dunia kerja. Sayang gmail tidak memiliki fitur ini.

Anyway, cara membuat email alias Yahoo seperti bisa dibuka di link berikut  atau rangkumannya seperti berikut :

In order to set up an alias for your account:

  1. Go to your Yahoo! Account Information page.
  2. Click Manage your Yahoo! aliases under Account Settings.
  3. Click Add an alias.
  4. Create your new alias and click Save to the right.
  5. Click Close to return to the Account Information page.

Note: While you are able to add/set up to 6 aliases for each Yahoo! Account, you may still need to sign in with your primary Yahoo! ID when accessing some parts of Yahoo!. Note, also, that you do not have a separate password for your alias.

Bodrex vs Promag vs Kuku Bima

Peta kekuatan politik di Jawa Barat memanas. Semua golongan memperebutkan kursi kepemimpinan Gubernur Provinsi Jawa Barat. Yang paling menarik tentu ada tiga dari lima kubu yang mengusung artis sebagai calon gubernur ataupun wakil. Ketiga artis itu adalah :

  • Dede Yusuf, wakil gubernur Jawa Barat saat ini yang kini mengusung dirinya menjadi Calon Gubernur dari Partai Demokrat, cs
  • Dedy Mizwar, mengisi kekosongan Dede Yusuf, Ahmad Heryawan memilih Dedy Mizwar sebagai calon wakil gubernur untuk periode selanjutnya. Calon dari kubu PKS, cs
  • Rieke Dyah Pitaloka, wakil dari PDI-P sebagai calon Gubernur Jawa Barat

Pemilihan umum telah dilakukan serentak pada minggu lalu. Pengumuman kira-kira akan dilangsungkan pada tanggal 3 Maret mendatang. Ada kemungkinan jika suatu skenario tertentu terbentuk akan perlu diadakan pemilihan ulang yang hanya diisi oleh dua wakil teratas dari pemilihan umum sesi pertama.

Februari : Month of Crime

Selama bulan Februari ini, ada banyak kejahatan yang terjadi di dekat lingkungan saya :

  • Perampokan pegadaian di daerah Sarijadi. Perampokan dilakukan secara rapi. Mereka berhasil menggondol uang 64 juta, dan beberapa bongkah emas yang bisa berharga 2 milyar. Semua itu terjadi dalam tempo 4 menit saja.
  • Sekolah tempat kenalan saya bekerja di rampok oleh kawanan pria berpakaian gelap. Uang sekolah dan perhiasan milik kepala sekolah pun raib.
  • Penipuan berkedok kecelakaan yang menimpa sanak famili. Ini terjadi di lingkungan keluarga saya. Dengan modus bahwa adik saya telah terkena kecelakaan, sang pelaku meminta uang untuk menebus rumah sakitnya. Yang namanya orang tua, mendengar hal ini tentu saja sudah keburu panik. Untungnya keluarga saya masih diberikan perlindungan dari Yang Maha Kuasa untuk tidak tertipu oleh penipuan ini.
  • SMS berkedok hadiah TELKOMSEL. baru-baru ini sang pelaku melakukan inovasi yang cukup niat. Membuat situs yang cukup interaktif. Saat ini TELKOMSEL telah menyebarkan peringatan kepada consumernya agar tidak terjebak dengan penipuan ini.
  • Sekolah tempat saudara saya bekerja terkena pencurian uang oleh oknum yang mengaku ingin mendaftar ke sekolah tersebut. Dengan menciptakan skenario agar sang pelaku bisa sendirian di ruangan (ia membawa bayi yang cukup mengganggu), ia akhirnya bisa mencuri uang SPP siswa yang ada di ruangan itu.
  • Perampokan kepada angkot di daerah Bandung. Ada kawanan perampok yang melakukan modus hipnotis untuk mendapatkan rampasannya. Ada pula modus perampokan yang menggunakan senjata tajam.

Kejahatan ada bukan hanya karena ada niat, tapi juga karena ada kesempatan. Tetap waspada netters!

Bloody Valentine

Bloody Valentine, sang pacar ditembak mati oleh seorang atlet olahraga Amerika usai memenangi kejuaraan, akibat ia terkejut saat diberikan kejutan Valentine oleh sang pacar di rumahnya.

Java Jazz Jakarta

Awal bulan Maret ini, well tepatnya hari ini sih hiks.. ada Java Jazz di Senayan (cmiiw). Artis jazz yang paling baru mungkin ada Joss Stone, lalu ada yang dari lokal penyanyi pendatang baru Raisa, Maliq, dll. Kapan ya sempet meluangkan waktu ke konser?

Nabung aja deh😐

Mengakali Intent dengan Public Static

Dalam membangun aplikasi android pasti tahu dan mengerti tentang intent — suatu kontainer data atau map lebih tepatnya, yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari satu activity ke activity lainnya. Secara sederhana data tersebut tersimpan dalam key dan value. Atau secara advanced, terkadang kita mengirimkan objek dengan melakukan serialisasi terlebih dahulu menggunakan parcel.

Nah, kadang-kadang memory nggak kuat jika harus mengirimkan intent dalam ukuran data yang cukup besar sehingga terjadi stackoverflow.

Kalau mau curang kita bisa mengakalinya menggunakan variabel public static di suatu kelas. Dengan menambahkan static di suatu kelas tersebut maka value yang ada di variabel itu akan bisa diakses dari tempat lain, melintasi berbagai activity. KOTOR sih, dan tidak dianjurkan karena menyalahi konsep enkapsulasi OOP, tapi kalau terpaksa cara ini boleh juga dipakai.

Google Glass

Semakin banyak saja ulasan tentang google glass. Gadget kacamata pintar dari google ini dihargai sekitar 15 juta (cmiiw). Belum terlalu stabil sih. Tapi gabungan Augmented Reality dan NLP ini punya prospek cerah di masa mendatang. Well, kita tunggu saja kehadirannya di tanah air seperti apa. Ulasannya di The Verge

***

There there, buddy, we have reached the end of February.

Mungkin selanjutnya bakal post seperti biasa lagi, kalau sempat hahaha.

Welcome March, be productive!

2 pemikiran pada “Flash News Post [Februari 2013]

    • Yah, paling jatuhnya kesan “Geek” sih bhel. Tapi kalo google glass akhirnya sukses, gw yakin tinggal tunggu waktu kacamata-kacamata trendy, classy, dan stylish akan menjamur. Konon katanya google glass berencana pakai android sebagai sistem dibalik screen itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s