[Backpack] 6D5C ~ 6 Days 5 Cities Tour

Seharusnya judulnya trip to Karimunjawa, tapi karena fail, jadinya kita melakukan improvisasi backpack plan. Rencana awal hari sabtu pagi kita berangkat ke Karimun, tapi karena gw telat sampai, plus nggak dapat tiket, akhirnya rencana kami berubah. Trip ini dilakukan tanggal 21-26 Desember 2012.

Day 1 ~ Jakarta – Pantura

Jumat kemarin, gw berangkat dari rumah menuju Lebak Bulus untuk naik bus antar kota. Karena kehabisan tiket kereta dan bus. Gw terpaksa naik bus menuju Surabaya. DAN terpaksa bela-belain ambil tiket ruang ngerokok. DAMN. Itulah titik dimana gw mengutuk semua orang yang merokok di seluruh muka dunia. I thought I’d died that night. Di Lebak Bulus, bus terjebak macet karena banjir plus hujan sekitar 2,5 jam. Berhenti total. Sisanya perjalanan yang menyengsarakan. Sudah pasrah sama plan backpack pribadi.

Day 2 ~ Semarang

Nggak dapet tiket, ketemu sama mereka. Ternyata kalau liburan penting untuk membeli tiket dari paket travel, karena jauh-jauh hari paket travel sudah membooking cukup banyak. Sebagai backup awal, awalnya kita mau naik kapal barang menuju Karimunjawa. Kebetulan ada kapal barang bersubsidi yang bersedia mengantarkan kita ke Karimunjawa. Kami berencana mengambil tiketnya sore nanti. Sembari meunggu kita jalan-jalan dulu di Semarang. Di kota itu kita main(cuma ngelewatin aja sih) ke kota tua, keliling Semarang, main ke Mal Ciputra. Jauh-jauh ke Semarang malah nonton 5cm di XXI Ciputra. lol.

Sorenya kita sudah berencana beli tiket di pelabuhan. Diutuslah salah satu dari kami untuk beli tiket. Janjinya si orang kapal, kita nggak usah bayar or at least ngasih uang seikhlasnya aja, soalnya itu kapal bersubsidi. Eh taunya kita dipungut biaya sampai 70 ribu. Merasa nggak terima “dibohongi” kita memutuskan untuk batal ke Karimunjawa. Lalu dipikirkanlah berbagai plan berikutnya.

Day 3 ~ Dieng Plateau

Dieng. Setelah melakukan riset via internet pada malam hari, kami berangkat menuju Dieng pagi hari, sekitar pukul 8. Naik bus Semarang – Purwokerto, turun di Wonosobo. Dari Wonosobo naik mikrobus Wonosobo – Dieng. Tiba di Dieng sekitar pukul 3 sore, kami segera mencari penginapan. Sore itu kegiatan kami mengunjungi Komplek Candi Arjuna. Rencananya keesokan pagi kita akan melihat sunrise dari Pakuwajan (tempat terdekat dari Dieng Kulon untuk melihat sun rise).

Day 4 ~ Dieng Plateau – Yogyakarta

Karena merasa bosan dengan wisata pegunungan di Dieng (kami udah menyiapkan pakaian untuk main air), kami memutuskan setelah dari Dieng akan ke Yogyakarta. Opsinya di Yogya bisa Body Rafting di Goa Pendet/Wonosari, atau setidaknya mengunjungi pantai selatan di Yogya.

Usai melihat sunrise (gara-gara nggak pakai guide kami nyasar dan gagal ke Pakuwajan, kita juga telat lihat sunrise). Kami berangkat dari Dieng menuju Yogyakarta. Dari Dieng kami kembali menggunakan mikrobis menuju Wonosobo. Dari Wonosobo kita naik mikrobis lain menuju Magelang. Dari Magelang kita naik bis ke Yogyakarta (Terminal Jombor).

Di Yogyakarta kami berencana menyewa motor agar lebih fleksibel — mengingat hari itu adalah malam Natal yang pastinya akan sangat padat. Kami naik TransYogya menuju tempat penyewaan motor. Kami menginap di tempat kenalan salah satu dari kami, sama seperti waktu di Semarang yang juga menginap di tempat teman. Malam itu kegiatan kami adalah jalan-jalan ke keraton. Kebetulan di sana sedang ada sekaten.

Day 5 ~ Parangtritis (Yogyakarta) – Semarang

Pagi hari sekali, sekitar setengah 5 pagi kami berangkat menuju Pantai Parangtritis mengendarai motor sewaan. Di sana kami tiba sekitar jam 6 kurang. Tempatnya cukup ramai. Setelah puas main air di sana kami kembali ke rumah tempat menginap semalam. Kami segera ke Semarang untuk mengejar jadwal moda transport kami. Di Semarang kami sempat main ke Lawang Sewu. Masing-masing dari kami berpisah hari itu untuk pulang ke tempat masing-masing.

Day 6 ~ Bandung – Jakarta

Biar aman saya memesan jalur travel yang bisa saya pesan jauh-jauh hari. Tiket kereta dan bus sudah penuh. Saya harus naik travel Cipaganti Semarang-Bandung, baru pindah travel Bandung-Jakarta. Kalau dihitung-hitung cara ini lebih murah dibandingkan naik kereta api secara mendadak. Tiba di Bandung pukul setengah 5. Jam 5 langsung pindah travel sebelum tiba ke Jakarta.