Google Knowledge

Baru-baru ini google memiliki hal baru pada search engine-nya. Waktu itu sedang search satu group band, lalu muncul di sisi kanan panel google informasi yang berhubungan dengan group band itu. Mereka menamakan “fitur baru” ini sebagai google knowledge or something.

Satu hal yang baru saya pahami bahwa daripada disebut sebagai “fitur baru”, “hal baru” ini lebih dapat dikatakan sebagai teknologi baru. Di balik layar hal baru ini menggunakan riset teknologi google terbaru pada mesin pencarinya yakni “semantik”. Nampaknya dalam beberapa waktu ke depan. Semantik web akan booming. Dan ketika booming, maka akan tercipta banyak teknologi baru yang tidak kita terduga.

Sebenarnya ide dari semantik web tidak terlalu rumit. Semantik menghubungkan relasi antar entity/objek, namun jaringan entity tersebut sangat besar. Saking besarnya kita bisa mengetahui hubungan antara Napoleon dengan Piranha (Yes, extreme, tapi memang semantik dapat bekerja seperti itu). Bagian sulitnya adalah bagaimana mengelola data relasi yang sangat besar itu. Well, tantangan teknologi baru itu ada di sana.

Essentially, the semantic web marks a move from a global web of human readable documents (web pages), to a global web of machine readable documents; so that machines can automatically interpret the meaning of data on the web; what to do with it, and how to represent it.

Berikut penjelasan google knowledge (yang menggunakan semantik di dalamnya)

“We will be no longer just a search engine, but we will be a knowledge engine”, said one of Google Technical Lead

Satu pemikiran pada “Google Knowledge

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s