(n)Jarem A.K.A DOMS

Wah nemu artikel ini di blognya si rusiawan ini setelah gugling-gugling kenapa badan kita bisa njarem. Mau minta ijin reblog tapi comment closed. Jadi saya link saja ya : Sumbernya.

 

***

Ada yang pernah denger DOMS = Delayed Onset Muscle Soreness ?  Muscle fever ? Muscle stiffness ?  Kalau njarem pasti sering kan ya ?

Baru tahu bahwa ternyata ada istilah keren dari njarem ini yaitu DOMS. Jadi nanti kalau njarem sehabis olahraga bilang saja. Aduh badan sakit semua, kena DOMS nih😀

Istilah Bahasa Indonesia yang tepat apa ya? Nyeri otot ? atau NOYT (Nyeri Otot Yang Tertunda)😛

.

Hari ini hari pertama ikut kursus berenang. Hadoh, setelah hampir 2 bulan tidak pernah olahraga!  Akibatnya, sekarang badan terutama kaki dan pundak njarem semua eh DOMS semua😦

Apa itu njarem a.k.a DOMS ?

Rasa sakit, tidak nyaman, tegang pada otot dan kadang persendian yang dirasakan pada 12-48 jam setelah berolahraga (atau aktivitas lain yang menggunakan otot secara intens).

Apa sih penyebab DOMS ini ?

Tepatnya secara ilmiah belum ada yang mengetahui secara pasti penyebab DOMS ini. Satu pendapat menyatakan bahwa DOMS disebabkan oleh sobeknya jaringan serat otot. Makanya semakin berat aktivitas atau olahraga kita biasanya semakin parah DOMS yang kita rasakan setelahnya (kontraksi otot semakin besar). Pendapat lain menyatakan DOMS diakibatkan karena proses pembentukan kembali otot (karena aktivitas olahraga yang kita lakukan). Jaringan serat otot akan berkembang, sel otot membengkak dan menekan syaraf dan pembuluh darah sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kalau ngimpi punya perut seperti Mas Lautner a.k.a Jacob Twillight itu, bayangkan perjuangan menahan njaremnya!😛

Pendapat yang lebih umum menyatakan bahwa DOMS disebabkan karena penumpukan konsentrasi asam laktat (yang juga menyebabkan kelelahan). Akan tetapi pendapat ini meragukan karena seharusnya setelah beristirahat beberapa jam tumpukan asam laktat ini akan berkurang.

Penanganan DOMS

Seperti halnya pada penyebabnya, banyak pendapat yang berbeda tentang penganan DOMS ini. Belum ada obat khusus yang secara efektif mengobati DOMS. Saran utama dari para ahli kesehatan adalah agar melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Namun berdasarkan laporan peneliti dari Australia pada 2007, pemanasan tidak secara efektif mencegah DOMS. Bahkan pemanasan sendiri bisa menyebabkan DOMS.

Hal yang bisa dilakukan untuk menangani DOMS :

  1. Biarkan saja, istirahat. DOMS akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.
  2. Kompress dengan air dingin (es)
  3. Pijat secara perlahan bagian yang terkena DOMS (menurut saya pribadi bisa menggunakan obat gosok atau balsem otot yang ‘panas’ seperti misalnya C*unt*rpain atau G*l*ga, dan setelah itu ditempeli Koyo Cabe! , manteb deh :P).
  4. Sebelum sembuh hindari aktivitas berlebihan terutama pada bagian yang telah terkena DOMS
  5. Pemanasan dan pendinginan dengan intensitas yang bertahap untuk menhindari otot kaget (otot pun bisa kaget lho) yang justru juga akan menyebabkan DOMS.
  6. Jika dirasa lebih dari parah bisa dicoba pengobatan dengan obat yang tergolong nonsteroidal anti-inflammatory misal aspirin.
  7. Jika sakit berlanjut hubungi dokter!

Ada sebuah metode populer untuk menangani cedera yang disebut sebagai RICE :

Rest (Istirahat)

Ice (Es, bukan diminum tapi untuk kompres)

Compression (Ikat, dengan perban/kain khusus pada bagian yang sakit)

Elevation (Posisikan bagian tubuh yang sakit lebih tinggi dari jantung). Yang susah adalah kalau njarem karena cinta nih (broken heart, patah hati -red), gimana coba ?! :P  Makanya sering kita dengar orang yang patah hati sembuhnya lama.

***

Pendapat lain menyatakan DOMS diakibatkan karena proses pembentukan kembali otot (karena aktivitas olahraga yang kita lakukan). Jaringan serat otot akan berkembang, sel otot membengkak dan menekan syaraf dan pembuluh darah sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kalau ngimpi punya perut seperti Mas Lautner a.k.a Jacob Twillight itu, bayangkan perjuangan menahan njaremnya!😛

Hope this part of information is RIGHT, senangnya saya lagi njarem saat ini. Paha+betis Cristiano Ronaldo mungkin? supaya bisa tendangan knuckle jarak jauh?

Knucle Ball ala Ronaldo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s