Es Serut dan Dua Anak Kecil

Setelah memarkir motor di depan warung makan di daerah Cisitu, lewatlah dua anak kecil yang sedang makan es serut dari bungkusan plastik di tangan mereka. Hujan baru saja reda. Jalanan di depannya becek.

A : Nananana nana na na na…

B : La la la lalalalala la…

Keduanya berjoget di tengah jalan dengan polosnya. Tiba-tiba ada motor yang lewat jalanan itu — yang masih becek tentunya. Kedua anak itu nampaknya sudah berpengalaman kalau motor suka nggak tahu diri. Genangan air di jalan itu terpercik entah kemana. Sementara dengan bodohnya kedua anak itu malah kegirangan joget-joget lagi ke depan jalan setelah mereka berhasil menghindari  cipratan tadi.

Reckless banget anak-anak ini. Mau aja gue samperin tiba-tiba kedua anak itu menghampiri genangan air. Entah apa yang mereka saling bisikkan.

Keduanya saling menatap riang, secara kompak melempar keras ke genangan air plastik es serut yang mereka pegang. Keduanya kembali menatap dengan senyuman jahat di wajah mereka yang polos. OH DAMN!!

Dan mereka kembali menari-nari dengan sangat menyebalkan.

Nampaknya ada yang salah dengan pembinaan untuk tidak membuang sampah sembarangan kepada anak-anak kecil. Rasanya sejak gue TK sampai kuliah, gue masih sangat berat hati menjatuhkan sampah ke jalan, apalagi ke sungai. Tapi kenapa orang-orang pembuang sampah seenak jidat ini nggak merasa bersalah ya? Kalau gue prefer bawa sampah ke rumah lalu biar menumpuk dulu baru dibuang kalau sempat.

Emang orang Indonesia tuh ya — kebanyakan yang gue lihat — kalau lihat sungai atau tumpukan sampah di jalan pasti secara reflek akan ikut-ikutan buang sampah di sana. Mereka mungkin perlu diberikan animasi edukasi yang lucu-lucu tentang kenapa kita nggak boleh buang sampah sembarangan. Kita nggak ingin para kura-kura lucu ini mati seperti di video ini.

Ayo kurangi pemakaian plastik dan bawa handbag setiap saat. “Kids, let’s save our earth”.

3 pemikiran pada “Es Serut dan Dua Anak Kecil

  1. Masalah buang sampah sembarangan juga jadi salah satu concern aku. Dan sampe sekarang belum terbayang bagaimana solusi yang pasnya. Sering terpikir, apa yang beda dari aku dan mereka, kenapa aku merasa gak enak untuk buang sampah sembarangan, dan mereka dengan santainya buang sampah sembarangan.

    • setuju. kadang mau buang sampah pada tempatnya sistem di Indonesia masih belum menunjang itu. atau mungkin sistem hukum di singapore bisa ditiru? dimana mereka yang ketahuan buang sampah sembarangan bakal didenda — CCTV dimana-mana

    • wah, solusi CCTV dimana-mana mahal banget kalo cuma buat ngecek buang sampah sembarangan, tapi kalo dipake buat sistem keamanan negara walopun mahal mungkin lebih kerasa gunanya. Tapi tetep aja, kayaknya Indonesia belum mampu dg cara kaya singapura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s