Racism

“Racism” and “racial discrimination” are often used to describe discrimination on an ethnic or cultural basis, independent of whether these differences are described as racial.

Pernah suatu ketika gue nonton film serial lalu gue bilang,

G : “Ih gue gak bisa ngebedain si A sama si B deh, soalnya sama-sama botak”.

H : “Wah rasis lo, mentang-mentang mereka sama-sama kaukasians”.

G : “Nggak kok, gue gak bisa bedain karena mereka botak”.

H : “Bohong banget, itu karena dia beda ras bung”.

Rupanya secara nggak sadar tubuh kita sebenarnya berperilaku rasis. Tubuh di sini lebih kepada indera yang bisa membedakan yakni mata atau lebih tepatnya otak kita sih. Pernah gue lihat suatu studi untuk membuktikan bahwa kita secara tidak sadar melakukan tindakan rasis.

Dalam pengakuan sebuah saksi yang merupakan seoarang kaukasians terhadap suatu aksi kriminal yang dilakukan oleh orang kulit hitam, “Dia dengan yakin Mr. X adalah pelakunya. Kemudian si saksi ditunjukkan 10 deret orang kulit hitam di foto oleh pengacara sang tertuduh. Ditanya kepada sang saksi dimana dari 10 orang ini yang merupakan Mr X. Saksi dengan yakin menunjuk foto nomor 6. Hasilnya? Tidak ada dari 10 orang tersebut yang merupakan Mr X. Hal ini berlaku pula untuk ras lainnya.

Andaikan orang kulit hitam dihadapkan pada 10 foto orang kaukasians/ mongoloid(chinese) lalu disuruh menetapkan mana orang yang ia lihat sebelumnya, kecil kemungkinan ia mampu menebak mana orang yang ia lihat barusan.

YES, WE ARE RACIST!!

Tapi yang membedakan kita orang rasis yang baik atau tidak adalah bagaimana kita menyikapi perbedaan ras itu. Misal dengan tidak mengejek perbedaan warna kulit. Atau dengan tidak memberikan perilaku yang berbeda antara ras yang satu dengan yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s