Word-tumblr-press?

Kalau kalian dulu pernah pakai miniblog tumblr sebelum tahun 2011, mungkin kalian ingat kalau dulu tumblr punya statistik di kanan dashboard. Jumlah post. Tapi kini tumblr menghapus statistik itu, lantaran membuat user tumblr cenderung untuk “mengejar postingan” dengan melakukan “REBLOG” post lain sebanyak-banyaknya membuat isi blog para user sedikit agak kurang bermakna.

Wadehel with wordpress now?  Setiap selesai post muncul gambar di atas. So what if we achieved the star? It’s like never ending mission. Yang gue heran targetnya selalu kelipatan 5. Gue masih gak ngerti dengan kemunculan fitur ini. Tumblr pun sudah menghapus fitur ini.

Keunggulan dari fitur ini dulu di tumblr menurut gue adalah user jadi giat mengepost. Terbukti temen-temen gw sering adu banyak-banyakan postingan tumblr. Tapi lama kelamaan hal itu jadi di luar kendali. Boleh dibilang postingan mereka hanya 1/5 dari isi tumblr mereka. Sisanya? Reblog. Yeah, mungkin WP sedang menggiatkan para usernya untuk sering mengepost?

Harapan gw sih WP gak sekedar bikin misi-misian kaya gini aja, tapi para usernya diberi reward atas pencapaian achievement itu. Misal : Kita bisa dapat fitur premium wordpress (edit css sendiri, dapat theme wp premium, dll) dengan gratis setelah mencapai 1000 postingan atau 100,000 hit. Atau setiap kita dapat achievement kita diberi virtual money yang bisa ditukar dengan sesuatu. Bisa juga WP mempertimbangkan faktor advertising juga, user diberi kesempatan memberi space advertising yang labanya bakal dishare dengan user. Dan lain-lain.

Itu salah satu keanehan jaman canggih, kalau tidak kita hati-hati mengamankan fitur/teknologi/ide kita dengan lisensi/copyright bisa-bisa dengan mudah pesaing kita mengcopy ide tersebut. Rasanya hampir semua social network memiliki kemiripan satu sama lain. YEAH, THEY’RE ADJUSTING EACH OTHER…. Siapa yang menang? FIFW maybe… first in first win. Siapa dapat kepercayaan dari pelanggan duluan mereka yang menang.

2 pemikiran pada “Word-tumblr-press?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s