Inventor

Waktu SD gw terkenal sebagai inventor game. Mungkin udah jadi cita-cita dari dulu pengen ciptain sesuatu. Sejumlah game udah gw ciptain. Mulai dari bikin kartu game match 4 (*footnote1), puzzle, Einstein Quiz versi gw, adventure ladder and snake board (*footnote2), School League(*footnote3), board game age-of-empire like(*footnote4), fussball mini dari karton, sepakbola karton, sampai sepakbola tutup botol(*footnote5). Well, kalau anak SD pada umumnya pulang sekolah main PS atau cari rental PS1, gw dulu ke rumah bikin game.  Oh ya, dulu juga sempet bikin 2 komik mini waktu SD(*footnote6).

Masuk SMP jiwa buat invent game agak hilang gara-gara komputer sudah mulai masuk ke dunia manusia. Tapi sisi lain inventor gw muncul. Craft.

Hornet Papercraft, kerangka dari majalah angkasa

Kayanya asik membuat sesuatu dari beraneka ragam barang bekas di sekitar kita apalagi kalau barang yang jadi itu nantinya bermakna.

Gambar di atas salah satu contohnya. Box berukuran 20 x 20 x4 cm itu adalah CD case. Gw cukup heran juga kenapa bisa seniat itu. Box itu kalau dibuka mungkin seperti halaman buku yang punya cerita. Kalau dibuka halaman selanjutnya ada ceritanya. Baru di halaman terakhir ditaruh CDnya.

Ide pop up ini muncul waktu gw SD kelas 1. Waktu itu dapet bingkisan parcel Idul Fitri yang mana kartu ucapannya kalau dibuka jadi 3 Dimensi Masjid. SUGOOOIII!!!! Sejak saat itu kepikiran pengen buat pop up card tapi baru kesampaian waktu kuliah. Well, it was not advanced popup card sih.

Selamat Sidang, dear aprilio

Itu tentang craft. Lalu waktu SMA sisi inventor lain muncul. Novelis. LOL. Damn you jack of all trades. Mungkin dari dulu gw harusnya fokus melakukan sesuatu ya.

It’s college time. Nampaknya jurusan yang gw masuki nggak bisa memenuhi hasrat gw, Inventor. Di benak gw saat itu inventor adalah orang yang memakai jubah/jas putih, pakai kacamata, rambut kriting (checked), main di lab terus bikin eksperimen-eksperimen. hahaha Einstein detected. Gw pikir harusnya gw masuk fisika/kimia/biologi supaya bisa jadi inventor, atau masuk senirupa kalau mau menekuni hobi, atau juga sastra Indonesia? Sayonara inventor…

Salah besar. Tetooot. I’m the inventor, fool. Yes, because I’m an engineer. So have fun, Mr Engineer.

Footnote

  1. Lupa apa namanya, tapi waktu SD kita suka main ini. Biasanya sih beli kartu di abang-abang depan sekolah. Kartunya berukuran   sekitar 4×6 cm. Jumlahnya 32. Kita main harus mengumpulkan sampai jadi 4 per kategori. Misal Kategori Mobil, ada 4 kartu : Kijang, Panther, Suzuki, BMW. Kita saling cabut kartu dari pemain lawan dan seterusnya. Yang mengoleksi kategori paling banyak menang.
  2. Ah ini yang paling seru. Gw bikin sekitar 4-5 seri ular tangga adventure. Bentuknya nggak kaya ular tangga tapi lebih mirip jumanji. Gw bikin dadunya sendiri dari penghapus. Beberapa dadu dimodif bukan dengan angka tapi dengan instruksi. Ada edisi Pokemon, Rampage, Spaceshuttle, dll. Biasanya kita main game ini waktu istirahat sekolah.
  3. School League. Ini benar-benar game yang paling edukatif bagi kami dulu, gw dan geng (sekitar 4-5 orang). Kelas 6 SD sumber nilai ada di PR, kuis, ulangan, dan ujian caturwulan. Semuanya memiliki nilai range 0-10. Nah, setiap orang merepresentasikan sebuah klub sepakbola. Kita buat jadwal pertandingan antar klub. Pertandingan direpresentasikan oleh sumber nilai paling aktual. Misal hari itu ada ulangan berarti nilai ulangan tersebut akan menjadi skor pertandingan. A vs B. A dapat nilai 9, B dapat nilai 7. Berarti si A kebobolan 1, B kebobolan 3. Skor akhir 3-1 untuk A. Kami hampir melakukannya setahun itu. Tanpa kita sadari kita saingan dapat nilai bagus waktu itu. Damn.
  4. Gw bikin semacam board Age of Empire yang lebarnya sekarton utuh. Mainnya turn based. Mungkin gampangnya ini seperti catur raksasa. Pion-pionnya punya langkah yang unik. Punya nyawa juga. Bisa belanja juga.
  5. Kalau anak-anak yang jago main bola pas SD dulu main, kita yang gak punya talenta itu suka jarang dapat kesempatan main. Lalu gw inisiasi buat futsal mini pakai tutup botol. Kebetulan di depan SD tutup botol berlimpah banget. DON’T TRY THIS AT SCHOOL. Kalau gw pikir-pikir bahaya juga. Kalau ada yang kena kepala bisa bahaya.
  6. Komik pertama tentang berantem/fighting. Ada influence dari Street Fighter sih, tapi nggak tamat kalau gak salah. Komik kedua tentang sepakbola. Ini murni mikir sendiri, belum tau tsubasa dulu.

2 pemikiran pada “Inventor

  1. Sama, waktu SD di sekolah ane sering main sepak tutup botol #eh sepak ‘bola’ pake tutup botol. Pake bola tenis jg pernah. Alasannya peraturan sekolah nggak ngebolehin siswanya bawa bola sepak ke sekolah (dan main sepak bola jg sebenernya :P).

    Tp kita curi2 main sepak ‘bola’ di sudut-sudut sekolah. Believe or not, ada tmn gw yg jago juggling pake tutup botol lho…😀

Tinggalkan Balasan

