Random Flickr Shot, sorry

Annoying picture? sexy woman? not appropirate theme? Terkadang gue sendiri merasa terganggu dengan gambar random dari widget  “Flickr” pada kolom sisi blog ini.

Suatu saat widget ini memunculkan gambar pemandangan yang mempesona dengan teknik fotografi yang keren. Foto lainnya memunculkan gambar pop-up yang unik dengan model figur yang lucu-lucu. Di kesempatan lain muncul foto abstrak dan sedikit bumbu Photoshop. Atau kita juga bisa melihat foto kucing atau anjing yang difoto sedemikian rupa lucunya. Tapi di satu kesempatan lain dapat pula muncul foto model seksoi dengan hanya mengenakan beberapa helai kain aja (yang mungkin bagi beberapa orang risih melihatnya). Well, it’s random.

Di beberapa kesempatan gue sering menyimpan ke komputer foto-foto yang muncul di widget yang gue anggap bagus. Banyak hal yang bisa dipeplajari dari mengamati foto-foto keren ini:

  • Komposisi. Dengan sering mempelajari foto-foto orang, kita bisa tahu bagaimana mengambil komposisi foto yang bagus. Bagaimana kita memotong (crop) foto sedemikian rupa sehingga foto memiliki komposisi yang ideal. Terkadang kita juga dapat mempelajari komposisi out of the box dari foto-foto keren ini.
  • Tone. Nggak ada yang salah dengan preferensi orang mengenai tone warna. Ada yang bilang tone foto A bagus dengan dominasi warna biru pada fotonya. Ada yang bilang tone netral dengan RGB yang seimbang dianggap lebih baik. Terlepas dari subjektivitas orang menilai seberapa bagus tone dari suatu foto, dengan sering melihat banyak foto profesional kita dapat mengetahui perbedaan penggunaan tone untuk masing-masing keperluan. Lama-kelamaan kita bisa tahu mana tone yang menurut kita anggap baik untuk kita tiru di kemudian hari
  • Lainnya. Pengarahan gaya untuk foto model. Brightness, pengaturan pengambilan cahaya. Foto siluet. Pantulan gambar pada permukaan air. Foto miniatur. Banyak lagi teknik foto yang bisa kita pelajari dari mengamati foto-foto ini.

Dengan alasan inilah gue tetap mempertahankan widget Flickr di sisi kolom blog ini, terlepas terkadang muncul foto yang mungkin kurang berkenan untuk kita lihat (mungkin subjektif untuk masing-masing orang). Sorry, I just can’t help it.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s