Another Car Free Day

Tes cobain om optimus prime di car free day hari ini. Well, entah kok rasanya gak ada bedanya ya? Kalo mau dapet background blur harus pakai manual fokus. Gara-gara itu jadinya susah banget capture foto candid. Karena ngatur manual focus relatif lama jadi entah sang objek foto menghindar difoto, atau malah justru sadar kamera… graooorrr…. Jarak pengambilan foto juga masalah karena motret dengan lensa fix harus dengan jarak yang fix (sekitar 50 meter) juga.

Pelajaran yang gw ambil di hunting kali ini adalah at least tadi udah berani main dengan shutter speed 1/200 atau lebih cepat lagi karena matahari cukup terik (diimbangi dengan ISO yang paling besar, mode TV tentunya). Hunting foto sebelumnya masih banyak yang blur dan gak pede waktu ngambil candid orang yang lewat. Kali ini foto blur udah hampir gak pernah terjadi. Sekarang juga udah lebih berani ngambil candid. Tone warna yang dulu terlalu gelap juga udah nggak terjadi, justru herannya sekarang terlalu terang padahal pake shutter speed tinggi. Mungkin harusnya dikasih exposure lebih gelap kali ya. Polarizer juga nampaknya akan sangat berguna di sini (damn.. diameter lensa fix lebih kecil daripada diameter lensa kit, berarti kalo mau beli polarizer harus beli dua-duanya).

Selain coba-coba bracketing, tadi juga coba ambil sekitar 200 foto lebih untuk stop motion. Hasilnya? damn, gagal total. Jarak antar foto terlalu jauh dan inkonsisten. Pelajaran yang bisa gw petik adalah coba potret dengan jarak yang relatif sama dalam rentang waktu di bawah 5 detik per foto. Ambil komposisi fotonya juga usahain yang sama. Sama satu lagi yang terakhir, kalo bisa ada objek fokus stop motionnya.

Sedikit panduan motret candid orang dengan lensa fix 50mm versi gw:

  1. Tentukan target yang mau dipotret.
  2. Kejar targetnya! Kalau target membelakangi kita dan sedang menjauhi kita. Lakukan segala cari untuk lari ke depan sang target. Kalau targetnya mendekat, cukup diam saja dan tunggu di depan atau kalau terlalu dekat justru mundur menjauh dari target. Cara lainnya adalah : “punten, mas, neng, mau saya foto candid, boleh?”
  3. Asumsi pakai lensa fix 50mm, untuk persiapan posisi target yang mau dipotret harus berada maksimal 100-150 meter mendekat ke arah kita.
  4. Kalau kita sudah berada di titik tersebut. Persiapkan segala konfigurasi kamera sesegera mungkin. Saran gw coba pakai auto focus saja. Pilih titik fokus untuk komposisi foto yang telah direncanakan. Atur settingan lain seperti color/picture style, aperture, exposure level, dll. Kalian punya waktu sampai target berada di 75 meter mendekat ke arah kita.
  5. Saat target pada posisi 75 m mendekat ke arah kita, persiapkan mental dan tebal muka untuk mengarahkan kamera ke target, usahakan senatural mungkin dan tidak memancing target melihat ke arah kita.  Arahkan titik fokus yang telah diatur tadi ke target.
  6. Jepret pada posisi more or less 50 meter dari posisi kita berdiri untuk dapat hasil jepretan terbaik. Semakin mendekat dengan kita, background target akan semakin blur. Tapi gak yakin auto fokusnya bisa dengan cepat menemukan fokus terbaik waktu posisi kita dengan target semakin dekat. Yang penting jangan sampai salah naruh titik fokusnya. Bisa-bisa target kita justru yang ngeblur.

Maaf kalo terdengar sok-sok jadi mastah. Saya masih nubie. Menerima saran dan kritik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s