Canon EF 50mm f1.8 II

Welcome Home, Optimus Prime 50mm f/1.8

Setelah bergalau-galau ria mana prioritas aksesoris SLR yang pengen dibeli, akhirnya pilihan jatuh pada lensa prime (fix) Canon 50mm f/1.8.

Agak telat sebenarnya beli lensa ini, harusnya gue beli doi sebelum berbagai event yang terjadi di weekend lalu. Tapi karena sudah terlambat tidak apa-apa. Berhubung setelah beli doi, gue gak sempet hunting, jadi sebagai bukti gue pampang saja foto di atas.

Kenapa gue pengen punya lensa fix?

See, the differences between kit and prime lens? What a blurry background! Split between focus point and its surrounding.

Yeah, perbedaannya terletak di f (aperture) nya dimana lensa kit hanya memiliki bukaan f 3-5 sampai 5-6. Selain itu lensa ini juga nggak perlu aneh-aneh setting ini itu, untuk mendapatkan bokeh luar biasa. well, berarti sekarang gue bisa mulai eksperimen membentuk berbagai jenis bokeh seperti postingan yang dulu pernah gue tulis.

Kenapa gue akhirnya mendahulukan lensa fix ketimbang tele dan makro?

Makro? menurut sebagian orang atau lebih tepatnya menurut nasihat temen gue, Lensa makro sebenarnya perannya bisa digantikan oleh lensa tele, jadi Lensa Makro out of question from my target list. Mending sekalian sabar menanti ketika gue udah mapan untuk membeli lensa fisheye.

Tele? Awal punya DSLR dulu target paling dekat sebenarnya tele tamron 70-300mm karena waktu coba punya temen kelihatan asik dan enak untuk dipakai (scenery, building, and… stalking, you bet! hahaha :p ). Dan yang paling penting harganya terjangkau😀 Tapi setelah tau si optimus prime dari plastik yang berdurability rendah ini punya harga yang jaaaaauuh lebih terjangkau maka pilihan jatuh ke lensa fix ini. Alasan lain karena nampaknya dalam waktu dekat gak bakal butuh lensa tele karena sekarang gw dan temen-temen mungkin udah gak bakal backpacker lagi.

Lagipula kebutuhan foto memoto gue saat ini dan dalam beberapa waktu ke depan kayanya lebih banyak dipakai untuk foto keluarga dan temen. Bener kata nasihat beberapa petuah tetua fotografer.net :

Newbie : Para suhu fotografer.net mau tanya dong saya gak ngerti apa-apa nih, saya baru beli DSLR dan mau beli lensa yang baru. Mending beli lensa apa ya? Mending beli lensa yang bagus atau body yang bagus?

Para Mastah : Belilah semampunya. Body biasa, pakai lensa kit saja kalau perlu. Banyak yang bisa di explore dari lensa kit kok. Seiring berjalannya waktu, nanti kalian akan tahu sendiri kebutuhan fotografi yang dibutuhkan. Misal tiba-tiba suatu ketika ente pada tiba-tiba tertarik foto model, mungkin lensa prime 50mm f/1.4 bisa mulai dipertimbangkan. Atau tiba-tiba ente pada serius jadi fotografer majalah ternama, akhirnya lensa tele yang nan mahal mulai perlu dipertimbangkan. Dan seterusnya. Ini hanya sekelumit contoh dari kami para mastah.

… kira-kira begitu review ane tentang komen-komen diskusi di fotografer.net..

Anyway. Happy hunting🙂

Warning!

Marilah kita lupakan sejenak kenapa ane pake model foto di atas. Gak ada maksud yang aneh-aneh. Izin nampang fotonya agan bram.

Satu pemikiran pada “Welcome Home, Optimus Prime 50mm f/1.8

Tinggalkan Balasan

