Divide and Conquer

Dalam dunia ilmu komputer, ada algoritma yang disebut sebagai algoritma divide and conquer. Divide and Conquer merupakan algoritma yang berprinsip memecah-mecah permasalahan yang terlalu besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga lebih mudah untuk diselesaikan. Langkah-langkah umum algoritma Divide and Conquer :

Divide : Membagi masalah menjadi beberapa upa-masalah yang memiliki kemiripan dengan masalah semula namun berukuran lebih kecil ( idealnya berukuran hampir sama ).

Conquer : Memecahkan ( menyelesaikan ) masing-masing upa-masalah ( secara rekursif ).

Combine : Menggabungkan solusi masing-masing upa-masalah sehingga membentuk solusi masalah semula.

Sebenarnya ide umum dari algoritma ini dalam opini saya adalah hidup kita. Saya nggak percaya kalau hidup seseorang tidak memiliki ujian sama sekali. Kita pasti diuji dalam kadar-kadar tertentu oleh Pencipta kita. Kita pasti dihadapkan pada berbagai masalah hidup. Semua permasalahan sulit yang kita hadapi terkadang membuat kita tidak percaya diri, lari dari masalah, ataupun pasrah begitu saja.

Melihat bagaimana algoritma ini bekerja sebenarnya bisa juga diterapkan pada setiap masalah yang kita hadapi. Algoritma memecahkan masalah hidup kita dengan algoritma kita kira-kira sebagai berikut :

Divide : Bagi masalah yang kita hadapi tersebut berdasarkan kategori-kategori tertentu, bobot masalah, deadline/waktu, dan lain-lain, Anda yang paling tahu. Ya, Anda harus tahu!

Conquer :  Mulai pecahkan satu persatu masalah tersebut. Coba mulai dari masalah yang paling ringan/mudah, dilanjutkan dengan masalah dengan prioritas tinggi, baru selesaikan masalah-masalah lainnya. Awali dengan yang paling ringan agar kita termotivasi.

Continue : Life is not like a formula. Terlepas dari sekian banyak masalah yang kita hadapi. Waktu terus berjalan. Secara rekursif ketika menghadapi masalah kembali ke langkah sebelumnya, divide and conquer ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s