Know the enemy, and know thyself

Know the enemy and know thyself, find naugh in fear for hundred battles. Know thyself but not the enemy, find level of loss and victory. Know the enemy but not thyself, wallow in defeat every time.”

Sun Tzu.

Makna yang terkandung didalamnya adalah kenali dirimu dan musuhmu untuk dapat selalu sukses, kenali dirimu dan tidak dengan musuhmu jika kamu ingin menemukan sejumlah kemenangan dan kekalahan, kenali musuhmu dan tidak dengan dirimu kalau kamu ingin selalu menghadapi kekalahan.

Siasat perang dari sun tzu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh banyak orang namun banyak yang tidak menyadari untuk mengaplikasikannya. Poin pertama yang bisa dipetik adalah pertama kenali dirimu. Who are you, seberapa kuat dirimu, seberapa lemah dirimu, et cetera et cetera.. Tanpa mengenali diri sendiri hampir dipastikan Anda akan kalah, kecuali Anda adalah seorang yang selalu beruntung.

Poin kedua yang bisa kita petik adalah kenali apa yang akan kita hadapi. Sebelum kita masuk ke lingkup kerja tertentu, atau menghadapi sesuatu perlu baiknya jika kita melakukan survey terlebih dahulu. Saya sendiri baru menyadarinya kekalahan dan kemenangan yang saya alami secara silih berganti mungkin karena hal ini, didn’t know thy enemy. Tapi yang lalu biarlah berlalu, kemarin tidak mungkin diulangi lagi, kita juga tidak mengetahui apakah kita masih dapat kesempatan untuk hidup esok hari, kita cuma punya hari ini, detik ini, ya, sekarang.

Apa yang Sun Tzu katakan untuk orang yang tidak mengenali musuhnya dan musuhnya sendiri ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s