Obama

Barrack Obama

Tiba-tiba saya tertarik dengan berbagai alasan kenapa Obama bisa menang pemilu di Amerika tahun 2009 lalu dalam opini saya.

  1. Pertama, alasan paling kuat adalah kekalahan George W Bush dibalik kemenangan mereka menghancurkan Irak dibalik dalih “senjata pemusnah massal”. Saya pikir event itu sudah cukup untuk melengserkan W Bush Dari kursi kepresidenan. Seperti efek rantai semua aspek Amerika sedikit tergoyang terutama dari segi image negara itu. Negara mereka membutuhkan sosok baru yang bisa memperbaiki citra amerika. Dari partai saja Obama sudah berbeda. Dari ras sudah jelas berbeda. Adanya kedekatan Obama dengan ras tertentu juga membantu image dirinya dalam pemilu. W. Bush boleh saja mendirikan negara boneka dan “memonopoli” minyak mereka dengan konsekuensi jatuhnya kepemimpinan dia sendiri. Mungkin itu yang ia sebut dengan patriotisme kali ya, mengorbankan dirinya demi negaranya, haha klise.
  2. Kedua, sistem ads Obama. Pemilu tahun 2009, yang berarti website kampanye Obama sebagai calon presiden sudah release sekitar kira-kira 1-3 tahun sebelumnya. Asumsi saya website tersebut berdiri antara tahun 2006-2008. Tahu siapa yang membangun websitenya? Pendiri facebook. Yeah. Tahun itu rasanya saya masih menyentuh friendster dan facebook belum sebegitu booming di atas 2009. Saya nggak tahu apakah ada “kesepakatan apa-apa” yang membuat FB booming setelah 2009, setelah Obama naik keatas bangku kepresidenan. Point yang patut disoroti di sini : Obama bisa melihat potensi mark bahkan sebelum FB begitu booming. FB kalau nggak salah mulai beredar 2006. Tahun ini? FB sudah menguasai pasar social network berdampingan dengan Twitter.
  3. Ketiga, public figure. Saya mengenal beberapa public figure yang bergabung dengan kampanye Obama. Saya gak bisa menyebutkan satu persatu siapa mereka. Salah satunya adalah pemeran Kumar (Dalam film harold and Kumar). Ia bahkan rela mati dalam perannya di serial TV Drama House M.D. karena harus bergabung dengan Obama.

Tinggalkan Balasan

