CA 2011

Berakhir sudah kompetisi sepakbola antar negara CONMEBOL Amerika latin Copa America 2011. Uruguay menjadi raja latinos 2011.

Hasil ini agak mengejutkan sebenarnya dimana dua finalis 4 tahun lalu sekaligus kandidat utama juara Brazil dan Argentina tidak bisa melaju hingga final. Hal itu sudah tampak dari perjalanan mereka pada babak penyisihan grup. Keduanya lolos dengan tidak meyakinkan. Argentina yang notabene bermaterikan penyerang-penyerang tajam seperti Messi, Higuain, Aguerro, Tevez, dan Lavezzi hanya mendapatkan 5 poin dari dua kali imbang melawan bolivia dan kolombia, serta menang melawan kostarika. Brazil pun mendulang poin sama, 5 poin hasil sekali menang melawan Ekuador dan seri dua kali melawan Paraguay dan Venezuela.

Lolos sebagai peringkat kedua grup C, Uruguay melaju ke final mengalahkan Argentina lewat adu pinalti 5-4 (1-1), Peru 2-0, dan terakhir mengalahkan Paraguay dengan skor meyakinkan 3-0. Luis Suarez disahkan sebagai pemain terbaik kejuaraan ini. Bek muda 20 tahun Uruguay, Coates dinobatkan sebagai pemain muda terbaik mengalahkan Sang fenomenal Neymar dari Brazil. Sementara itu top skor dipegang oleh striker juara ketiga peru dengan 5 gol, Guerrero, yang pada pertandingan terakhirnya mencetak hattrick. Kiper terbaik diberikaan kepada kiper Paraguay, jose villar yang berhasil melakukan banyak penyelamatan gemilang dan dua kali clean sheet.

Satu yang menarik dalam Copa America 2011 adalah penggunaan semprotan foam putih berbuih aerosol yang digunakan setiap wasit pertandingan untuk menandai posisi bola dan pagar betis saat terjadi tendangan bebas. Perangkat ini digunakan untuk mengatasi keluhan bahwa pagar betis maju dari posisi asalnya, ataupun posisi bola yang tidak berada pada posisinya. Penggunaan semprotan aerosol ini sebenarnya sudah diujicoba dalam liga MLS amerika.

Berarti Uruguay menempati peringkat 4 pada piala dunia 2010 di Afrika Selatan bukan kebetulan belaka ya? Spanyol juara wajar, karena di Eropa dia sebelumnya juara piala Eropa. Selamat Uruguay!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s