I’m CEO Bitch

Nggak punya bahan postingan lagi, jadi resensi film jadul dulu ah. Resensi film Social Network.

alert… spoiler detected

Diawali dengan cerita bagaimana pacar Mark ngedump dia, ia yang agak mabuk melampiaskan kekesalannya dengan membuat blog tentang cewe itu (ngejelek-jelekin) dan dengan ngoding, yeah, dia bikin semacam web dengan dns facesmash.com dimana dia bisa ngebandingin foto dua cewek dari foto-foto anak harvard. Bahkan Mark sampai ngehack jaringan di harvard yang diakuinya banyak kelemahan untuk disusupi saat itu. Settingan cerita film ini berawal di tempat kuliah Mark, harvard. Berawal dari sana pihak jaringan harvard menemukan fakta bahwa dalam setengah jam hasil kerjaan iseng Mark itu diakses sampai 22000 hit. Karena ulahnya itu dia dihukum selama satu semester (sekitar 6 bulan).

Selanjutnya ia diajak oleh winklevoss kembar bersaudara dan satu orang lainnya untuk membuat semacam social network harvard connection (sekarang jadi connectU). Mereka senang dengan talenta mark. Mark bilang

“apa bedanya sama friendster dan myspace?”

“mereka menawarkan privasi lebih”, jawab mereka

Hingga suatu saat karena suatu hal mark mengambil inisiatif untuk menjalankan idenya yang lebih kreatif sendiri, bersama 3 orang teman sekamar dorm nya, Eduardo Saverin, Craig hughes, dan Dustin Moskovitz mereka menjalankan “thefacebook”. Winklevoss bersaudara naik darah merasa idenya tercuri lalu menjalankan berbagai cara untuk menuntut Mark melalui persidangan Harvard. tapi usaha mereka tidak berhasil.

Eduardo menjadi bagian salesnya di awal pembentukannya, Mark tidak peduli dengan uang (makanya facebook gak pernah dijual ke microsoft ato perusahaan2 besar lainnya) motonya dia ingin semuanya open, dia pengen semuanya connected. Di tengah jalan Mark bertemu dengan Sean Parker yang terkenal dengan pendiri Napster (awal tahun 2000-an ada semacam aplikasi sharing music yang mengubah pasar musik digital saat itu, napster kemudian digugat karena melanggar hak kekayaan intelektual). Beberapa ide Sean Parker banyak dipertimbangkan oleh Mark seperti penggunaan nama “facebook” ketimbang “thefacebook” lalu seperti peluang bahwa ini bukan bisnis million dollar, tapi hingga billion dollar (faktanya Mark menjadi billionaire termuda yang ada saat ini). Rasanya juga termasuk namecard CEO Mark : I’m CEO bitch! Mark Zuckerberg adalah idenya.

Bagian akhir cerita film ini mengisahkan Mark yang menjatuhkan kepemilikan saham Eduardo rekannya itu dari 35-an persen jatuh hingga 0.03 persen. Lalu juga dikeluarkannya Sean Parker dari kepemilikan facebook secara paksa oleh Mark karena Sean terlibat dalam perbandaran marijuana.

Di ending cerita, Mark mencari nama pacarnya dulu “Erica Albright” Hanya Mark yang tahu apakah nama ini fiktif atau samaran saja.

Beberapa fakta :

  • Sekarang Mark udah punya pacar temannya di first year harvard dulu, Priscilla Chan, yang kini merupakan murid kedokteran.
  • Sean tak lagi memiliki saham di facebook.
  • Gugatan Eduardo dimenangkan olehnya, kini memiliki saham sebesar 5% di facebook. Sementara co-founder yang lain craig hughes memiliki saham 1%, Dustin Moskovitz yang merupakan tempat mark untuk meminta saran memiliki saham sebesar 6%. Mark sendiri pemilik saham facebook sebesar 24%.
  • Winklevoss kembar bersaudara mengikuti olimpiade mewakili inggris untuk semacam cabang olahraga kano dan berada pada peringkat 6. Gugatan mereka berdua atas mark diterima dan Mark akhirnya membayar mereka hingga 68 million dollar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s