Defense Mechanism

Setelah menonton film shutter island-nya Leonardo Di Caprio seru juga membahas tentang defense mechanism(DM). Istilah ini dapat berarti suatu bentuk pertahanan diri terhadap orang lain yang ingin melakukan penetrasi/interogasi terhadap diri kita. Setiap orang punya DM masing-masing terkadang DM tersebut unik satu dengan lainnya. Dari segi kekuatannya juga berbeda-beda. Orang yang lebih sering diospek/diinterogasi atau memang bidangnya di bidang “penginterogasian” biasanya memiliki DM yang kuat.

Ada jenis DM dimana orang tersebut cenderung diam, dingin, dan kaku. Ada orang yang cenderung menjauh ketika seseorang melakukan penetrasi terhadap dirinya. Ada pula orang yang mengalihkan pembicaraan secara sempurna tanpa disadari oleh sang penetratornya. Dalam kasus film di atas, Leonardo Di Caprio yang memerankan peran Andrew Laeddis a.k.a Edward memiliki jenis DM yang saya sebutkan terakhir.

DM bukanlah sesuatu yang buruk, tapi juga bukan sesuatu yang baik juga. DM hanyalah sekedar suatu mekanisme mental yang secara alami terbentuk di setiap diri manusia dari ia dilahirkan hingga ia dewasa. Jangan salahkan orang berkepribadian tertutup dan cenderung menjeruji diri mereka dengan berbagai DM, melainkan gunakan berbagai pendekatan unik untuk dapat melakukan penetrasi terhadap mereka. Orang yang berkepribadian terbuka bukannya tidak memiliki DM, justru mereka juga membutuhkan DM untuk menutupi masa lalunya dan kelemahan mereka.

3 pemikiran pada “Defense Mechanism

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s