Sleuth

Zaman SMP sampai SMA dulu kalau main ke warnet, nggak seperti anak pada umumnya – main fps seperti Counter Strike, mmorpg seperti ragnarok, game strategy seperti age of Empire – saya malah bermain game deduksi Sleuth. Entah kenapa main game detektif ini keren banget. Karena ceritanya ditulis dalam bahasa Inggris, saya mesti bawa-bawa kamus segala kalau main, asik juga sambil melatih deduksi bisa berlatih Inggris. A bit freak actually😀

Sleuth ada dua bagian :

Waktu itu yang saya mainkan cuma sleuth noir karena memang awalnya cuma ada itu. Dari game itu saya punya kenalan “detektif” dari mana-mana. Ada yang dari Jerman, ada yang dari Afrika, ada juga dari Hongkong. Kita semua saling ketemuan di city hall kota sleuth itu. Biasanya tanya-tanya trik dan tips kasus-kasus yang susah, atau bagaimana mendapatkan item. Gak seperti game-game online yang biasanya harus bayar, pada sleuth cukup menjalankan misi-misi saja.

Tapi beberapa sektor game berbayar, misalnya untuk berlabuh dari satu kota ke kota lain kita harus jadi member. Wew. Ada 3-5 kota kalo nggak salah, yang masing-masing kotanya punya kasus-kasus sendiri. Dongkol juga harus terus-terusan di New York yang semua kasusnya (yang gratis :p ) udah dipecahkan. Kota lainnya ada London, Shanghai, Delhi.

Setiap kasus berbeda-beda levelnya, ada pemula, beginner, intermediete, dan advanced. Setiap kali berhasil memecahkan kasus kita bisa dapet detektif point yang bisa dituker dengan detektive skill dan uang yang bisa dipakai untuk beli aksesoris detektif. Sejauh saya main dari smp kelas 3 s.d sma kelas 2 baru bisa memecahkan kasus sampai level intermediete. Entah karena logic masih kurang atau juga kerena bahasa inggrisnya semakin susah😀 Fyi, kalau kita salah nangkep orang, bisa-bisa badge detektif kita diambil pihak berwajib, that mean RETIRED!!

Nah waktu SMA sleuth shades of mistery baru keluar, waktu itu karena masih prototype jadi harus bayar, akhirnya gak pernah main deh:mrgreen: nampaknya seru deduksi dibuat  secara visual (nggak seperti noir dimana deduksi dilakukan secara setengah text-based). Pas dicek lagi sekarang rupanya udah gratis yeey!!

Kita bisa bergabung ke salah satu faction politic,

  • La cosa nostra
  • Dies Arcanum Brotherhood
  • Order of Socrates
  • Eastern Triads
  • The circle of the light
  • The Green Hand

Masing-masing faction menawarkan pelatihan deduksi skill khusus. Believe it, detective skill really matter in deduction. Misalnya hipnotis, bisa dipakai untuk saksi mata yang nggak mau bicara. Pick Locking kalau rumah orang kosong. Banyak lagi.

Temen-temen detektif -detektifan di forum dulu juga main sleuth rupanya. Wah kalau seandainya Sleuth dikembangkan menjadi game di facebook, mungkin Sleuth bisa terkenal lagi seperti dulu ya. Ada yang main Sleuth juga dulu?

2 pemikiran pada “Sleuth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s