Jangan biasakan kompres dengan rar

Mungkin karena kebiasaan berada di lingkungan di sekitar saya dimana segala tugasnya menggunakan kompresi file .zip dalam pengumpulannya jadinya menggunakan kompresi zip lebih sering saya gunakan. Saya nggak mengambil kuliah kriptografi tapi tahu sedikit kenapa zip dapat dibilang lebih baik untuk digunakan daripada .rar. Agak menyesal juga nggak ngambil kuliah kriptografi. Beberapa alasan kenapa .zip lebih baik.

  1. .zip standar kompresi di berbagai OS. Lihat saja windows, ubuntu, linux, mac, seharusnya feature untuk kompress/archive ataupun mengekstraksi dalam format zip sudah tersedia.
  2. istilah “Mengkompress file” menggunakan .zip lebih tepat dibandingkan menggunakan .rar. Format .zip menghasilkan hasil kompresi yang berukuran lebih kecil dari ukuran file yang akan dikompresi. Sementara .rar terkadang justru menghasilkan hasil kompresi yang berukurang lebih besar. Coba aja.

3 pemikiran pada “Jangan biasakan kompres dengan rar

  1. Btw, setau gue di kuliah kriptografi yang diajar Pak Rin nggak ada materi tentang zip vs rar (atau masalah kompresi secara umum) kek gitu, CMIIW.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s