Read More, Write More

Setelah membaca beberapa blog orang, tulisan-tulisan orang yang inspirasional, ataupun novel saya merasa pengetahuan saya bertambah. Menulis saja ternyata tidak cukup. Kita juga harus banyak membaca. Dengan banyak membaca kita mendapatkan banyak input. Inovasi, kreativitas, dan ide tidak bisa datang begitu aja. Kita membutuhkan inspirasi dari eksternal.

Analoginya adalah bahwa setiap individu nggak bisa egois begitu aja. Banyak memberi banyak menerima. Kalau membaca tulisan saya dari awal saya sedikit geli membaca gaya tulisan tersebut. Jujur untuk kategori orang yang suka menulis saya punya teknik menulis yang kurang baik. Mungkin efek nilai Bahasa Indonesia SD jelek, UAN Bahasa Indonesia SMP average, UAN Bahasa Indonesia SMA cukup, dan kuliah Tata tulis cuma B. Itu semua nggak membuat saya menyerah dengan semangat menulis. Saya merasa tulisan saya lebih baik dari tulisan saya di zaman jahiliyah dulu.

So, read more, write more🙂

Tinggalkan Balasan

