Shorten your link

Sudah beberapa tahun belakangan ini muncul beberapa situs yang memfasilitasi pemendekan link. Yang misalnya tadi linknya adalah

http://abc.com/misalnya/ada/situs/yang/panjangnya/kaya/gini/123450175130583752050.htm

bisa menjadi

http://situsnya.com/qErdkeli/

Ada beberapa situs yang membuat situs pemendek link jadi booming diantaranya adalah twitter, google(docs), dan windowslive(share file). Twitter membatasi input tweetnya tidak lebih dari 100, sehingga melakukan sharing dengan link yang panjang mengurangi pengguna twitter untuk berekspresi. Beberapa teman juga malas melakukan sharing files pada windows live karena panjangnya link yang digenerate oleh situs microsoft tersebut. Begitu pula dengan link yang digenerate untuk dokumen yang dishare pada google.docs. Oleh karenanya bermunculan situs-situs yang menyimpan link panjang tersebut untuk kemudian dimapping ke link yang lebih pendek.

Ada dua situs untuk memendekkan link :

  1. bit.ly
  2. pendek.in

Rasanya kedua pemilik situs berusaha untuk menarik perhatian customer dengan nama yang mudah diingat seperti bitly dan pendekin. Hal itu memiliki konsekuensi bahwa sang pemilik situs harus membeli domain dari negara yang tidak semestinya. Sebagai contoh pendek.in adalah situs yang dimiliki oleh orang Indonesia. Walaupun Indonesia memiliki domain *.id namun dia tertarik membeli domain *.in asal india. Idenya adalah membetuk kata pendekin yang memiliki arti “memendekkan” = “shortening”.

Tapi ironi juga ya. Domain Name System diperkenalkan untuk memudahkan manusia untuk mengingat jutaan alamat IP yang berada di dunia maya. Namun dengan keberadaan situs-situs ini sebenarnya membuat esensi dari domain name system dipertanyakan. Sebut saja link berikut http://bit.ly/hytytR. Siapa yang bisa hapal dengan link yang digenerate oleh bit.ly tersebut? Kalau seandainya digunakan untuk memendekkan link yang panjang sih masih dimaklumi, tapi terkadang digunakan hanya sekedar untuk mem”bit.ly” kan.

Jadi kepikiran ide ini. Ide dari situs-situs pemendek link kan “mapping link ke link baru yang lebih pendek”. Gimana kalau kita membuat link yang merupakan mapping dari satu situs pemendek satu ke situs pemendek lain yang berasal dari berbagai negara. Haha, pasti kan data transfernya keliling-keliling dunia tuh. Walaupun secara visual kita nggak ngerasa apa-apa sih, wkwkwk

2 pemikiran pada “Shorten your link

  1. “Twitter membatasi input tweetnya tidak lebih dari 100” <– Koreksi: 140 bung Rizky…

    Selain itu, nggak cuma bit.ly dan pendek.in kok yg menyediakan shortening URL. Yang lo sebutin itu mungkin maksudnya cuma salah dua contoh aja kan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s