Survey perlengkapan badminton

Sejak main badminton bersama teman-teman saya di jurusan, saya perlu untuk mencari-cari perlengkapan klub seperti kok tabung dan lapangan badminton. Berikut hasil pencarian terkait klub.

Lapangan Badminton

Di daerah cisitu, ada 3 lapangan yang bisa dimanfaatkan:

  • Lapangan dekat terminal cisitu yang 4 lapangan, langganan per bulan (4x main) : 250k
  • GOR Angsa dua, dekat terminal cisitu yang 1 lapangan (pojok), langganan per bulan (4x main) : 200k
  • GOR Angsa Putih, langganan per bulan (4x main) : 120k, walaupun kalau sewa malem-malem kata temen ada suara-suara gitu hahaha
FYI, GOR angsa putih tinggi netnya sekitar dua raket satu jengkal kira-kira. Mungkin ada yang penasaran tinggi netnya standar apa nggak.

ShuttleCock (kok)

Ada dua jenis kok berdasarkan keterangan penjual kok yang saya kunjungi :

  • Shuttlecock dengan ujung bulu runcing. Tipe ini biasanya cepat. Kata orangnya sih bolanya cepat kalau dipukul, tapi cepet rusak.
  • Shuttlecock dengan ujung bulu tumpul. Tipe ini lambat. Kata orangnya ini kebalikan dari kok berujung runcing. Bolanya lambat ketika dipukul, tapi lebih tahan lama.

Setelah beberapa kali latihan terdapat beberapa kok yang telah dicoba dan pernah tahu :

  • Romeo Hitam (31,5k), ujung runcing, agak ringan. Kok kalau dipakai terlalu lama susah sampai ke belakang. Bulu kok relatif cepat rusak, IMHO. Gak enak kalo sering dipakai buat smash terus.
  • Romeo Merah (32k), varian dari romeo hitam, ujung runcing.
  • Samurai Biru/hijau (42-43). Banyak dipakai sama orang. Tipe kok berbulu tumpul. Masih dalam masa penjajakan.
  • Saporete Hijau (45k). Pada label di tabungnya diclaim bahwa ini shuttlecock yang dipakai sama tim pelatnas PBSI. Lumayan berat. Belom pernah coba. Tapi sering direkomendasikan sama temen-temen yang sering main bulutangkis. Termasuk kok dengan ujung runcing.
  • Saporite Pelangi (46k). varian saporite.
  • Aztec (50k), ujung runcing. pengalaman saya bola cukup tahan lama untuk dimainkan sampai dengan 60-90 menit. Bulu kok nggak cepat rusak. Bola juga relatif berat untuk dapat dipukul dari ujung ke ujung lapangan. Tapi entah kenapa kok ini terasa aneh untuk dipukul. Takaran pukulan saya selalu miss. Mungkin beda kok, beda power pukulan ya.
  • Garuda (70k), belom dicoba gan.

Raket

Seorang teman dari klub meminta saya untuk menemaninya berbelanja raket yang murah dan ringan, serta bagus tentunya🙂 berikut hasil surveynya :

  • Raket dengan merek yonex, muhahaha.. ini nampaknya raket yang dipakai kebanyakan atlet. Saya cuma punya raket ini karena turunan dari ayah saya saja. Ringan. Cepat. Dan enak buat dipukul. Kata teman saya yang ada di klub badminton ITB, beli yonex yang bagus di atas 700, Yonex yang jelek dibawah 700.  Sebagai catatan, saya pakai yonex seri carbonex. Menurut saya seri itu enak sekali buat dipakai smash, tapi terasa kurang torsinya mungkin disebabkan oleh raket yang terlalu ringan. Saya pernah pakai yonex entah versi mana, bagian kerangka atasnya lebih berat sehingga ketika melakukan pukulan torsinya dapet.
  • Hart, seri powershoot (around 135k). Ini rekomendasi dari teman saya. Ringan. Sesuai kantong. Relatif bagus untuk ukuran dan harga segitu. Pas saya recheck lagi di google ada yang memiliki anggapan seperti ini, “saya menggunakan Power SHoot pro Offensive merk Hart, tadinya saya pakai seri atas Yonex, tapi untuk kelenturan memang Power Shoot Hart lebih handal. Memang untuk power kurang ada tenaga dan ada ada getaran, tapi untuk bertahan pengembalian bola smash dan main net enak banget.” Haha, saya kepikiran jadi pengen beli juga deh

Biasanya di daerah Bandung toko olahraga yang menjadi langganan saya adalah Smash di belakang Kantor Telkom suci. That’s all, nanti kalau ada info lagi saya update ini gan.

3 pemikiran pada “Survey perlengkapan badminton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s