Fadel Muhammad, what a concrete man!

Setelah mengikuti kuliah studium generale ke-10, saya begitu kagum dengan tokoh menteri yang satu ini. Fadel Muhammad, Menteri perikanan dan kelautan saat ini. Boleh dibilang saya jadi ngefans sama dia, dan menjadikan orang ini my minister of the year. Kalau tahun-tahun sebelumnya saya ngefans sama Sri Mulyani yang bisa mengangkat kondisi ekonomi Indonesia, kali ini gelar minister of the year jatuh ke tangan Bapak Fadel M. He is so inspiring!!

Salah satu alumni ITB yang kuliah satu masa dengan Arifin Panigoro dan Wiranto ini mulai bergaung namanya setelah mengangkat nama Gorontalo ke permukaan. Sebagai gubernur dia bisa mengekspos potensi bahari gorontalo sehingga Gorontalo bisa lebih maju. Ia berani menggali persoalan yang dialami suatu daerah dan mengatasinya dengan berbagai peluang yang ada. Ia mengapresiasi berbagai ide cemerlang.

Pembawaan beliau begitu meyakinkan orang-orang yang bekerja dengannya. Saya yang menyaksikan kuliah beliau dari kejauhan bahkan dapat merasakan charm beliau. Konkrit. Tegas. Efektif. Beliau pintar untuk memotivasi. Haha, rasanya saya dari tadi terus menerus memuji-muji beliau.

Saya mulai kagum dari cara pembawaan kuliah umum beliau. Hal kecil namun cukup signifikan dibanding pembicara-pembicara sebelumnya yang sama-sama menteri. Misalnya terkait isu penangkapan kapal ikan sebelum ditanya orang ia menjelaskan alasannya. Isu import ikan yang ternyata ikannya dari dalam negeri sendiri, beliau memerintahkan untuk memulangkan ikan impor tersebut. Ia juga memaparkan beberapa rencana-rencana yang sangat konkrit dan masuk akal pikiran logis. Seperti PUMP usaha perikanan untuk pedesaan, polikultur budidaya perikanan seperti 3 in 1 dimana beberapa ikan yang nampak tidak mungkin hidup bersama ternyata merupakan simbiosis mutualisme, meningkatkan produksi garam dan mengurangi impor garam, dan lain-lain. Beliau seorang problem solver, innovator, dan seorang leader.

Kekaguman saya selanjutnya adalah ketika kuliah memasuki sesi tanya jawab. Beberapa mahasiswa ITB yang bertanya saat itu memaparkan pertanyaan, ide, maupun saran terkait perikanan dan kelautan. Tiba-tiba di sela-sela sesi tersebut ia memanggil asistennya. Beliau berbisik-bisik kepada asistennya itu. Saya dan teman saya yang membaca gerak bibir dari beliau terkagum mengetahuinya. Kalau nggak salah beliau bilang ke asistennya, “idenya bagus itu, idenya bagus, dan semacamnya” yang mengisyaratkan beliau menampung ide tersebut untuk dipertimbangkan.

Kedatangan beliau di kuliah umum ini juga membawa misi ganda yakni menjalin kerja sama dengan SITH dalam rangka budidaya perikanan untuk meningkatkan produsinya.

3 pemikiran pada “Fadel Muhammad, what a concrete man!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s