Megapixel doesn’t mean anything

Setelah baca-baca artikel di sini, baru tahu kalau seberapa besar megapixel dari kamera kita tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas gambar.

“Kamera hp gue resolusinya sampai 4MP loh. I RULE!!”

Saya sendiri sering salah persepsi menganggap bahwa kamera dengan megapixel lebih besar bahwa kamera itu lebih canggih. Setelah baca artikel itu rasanya konyol juga. Yang berpengaruh sebenarnya adalah sensor dari si kamera.

Steve Jobs dalam memaparkan produknya iPhone 4 mengatakan jelas, “megapixel doesn’t matter”. Yang matter adalah sensornya, kemampuan (sensitifitas) untuk menangkap cahaya. Dia membuktikan bahwa kameranya yang hanya 5 MP dapat menghasilkan gambar lebih baik dari kamera produk mobile lain yang digembor-gemborkan memiliki resolusi hingga 12 MP.

Sensor ibarat retina mata yang menerima cahaya dari lensa untuk ditangkap olehnya.

Lalu salahkah kalau kita punya kamera dengan MP tinggi? Nggak juga sih, di artikel itu disebutkan kalau kita sebenarnya cuma perlu maksimal 4 MP aja. Kenapa begitu?

Minimum Megapixels Maximum Print Size Resolution
2 megapixels 4 x 6” 1600 x 1200
3 megapixels 5 x 7” 2048 x 1536
5 megapixels 8 x 10” 2560 x 1920
6 megapixels 11 x 14” 2816 x 2112
8+ megapixels 16 x 20” 3264 x 2468

Malahan jika dilihat di atas kalaupun kalian mau memasang foto kalian sebagai wallpaper PC, cukup 2-3 MP aja. Monitor kalian berapa inch sih? LCD sekarang ukurannya umumnya sekitar 1200×800, atau bahkan monitor tabung cuma 1024×768 aja. Yah, mungkin kalau kalian mau masang wallpaper kalian di monitor sebesar spanduk, MP does matter.

5 pemikiran pada “Megapixel doesn’t mean anything

  1. Betul..Lucu melihat banyak orang membeli kamera beresolusi dengan harga mahal padahal fotonya hanya sekedar nongkrong di Facebook dan komputer. Kalau fotografer profesional memang butuh yang beresolusi tinggi, karena hasilnya memang untuk dicetak dan berukuran besar..

  2. Suka dikerjain sama strategi pemasaran. Bahkan terkadang kita suka mudah percaya sama penjaga yang dagangin kamera/ponsel. “Oh, ini lebih bagus, liat aja udah sampai 12 MP loh”

  3. @rizky
    Iya, haha.. sasaran mereka kan memang orang-orang awam, yang baru pertama membeli kamera.. Kalau yang sudah profesional, biasanya sudah tidak akan tertipu.. Padahal banyak juga faktor yang menentukan kualitas sebuah kamera itu, misalnya ukuran sensor (crop factor) yang akan berpengaruh terhadap banyak atau tidaknya noise pada gambar..

    Kalau bikin buku “Cara memilih kamera yang tepat” kayaknya bakal laku tuh di jaman sekarang ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s