badminton#strategi

“Tapi kadang-kadang smash kamu fail, masih membentuk parabola, ki”

Berdasarkan pernyataan ini saya merasa perlu memaparkan strategi dasar yang saya terapkan ketika bermain ganda. Sebelum saya paparkan strategi dasar yang umumnya dipakai, silakan membaca dasar-dasar pukulan badminton disini. Singkatnya seperti ini :

Ada beberapa pukulan dasar dalam bulutangkis :

  1. Servis backhand/forehand tinggi/rendah
  2. Smash
  3. Clearshot
  4. Dropshot
  5. Lift
  6. Netshot (netting)
  7. Push
  8. Block

Note : Deskripsinya silakan baca di link tadi. Dari ke-8 pukulan dasar itu yang saya kurang pahami adalah push. Mungkin maksut dari push adalah pukulan drive, mendatar di atas net, hanya di dorong saja

Jadi ide dari strategi saya (dan orang pada umumnya kali ya) seperti ini :

  1. Ketika attack, yakni ketika salah satu dari pasangan memiliki kesempatan untuk melakukan smash, posisi dari pasangan adalah depan belakang, dimana pemain belakang yang melakukan smash sementara pemain depan mencover ketika dilakukan push atau block ke depan net.
  2. Ketika defence, yakni ketika kita harus menerima kesempatan mendapatkan serangan pukulan smash atau ketika kita memberikan bola lob ke belakang yang memungkinkan lawan untuk smash, posisi dari pasangan adalah saling bersisian kiri dan kanan. Hal itu biasanya saya lakukan agar seluruh wilayah lapangan tercover secara merata. Tidak terlalu ke depan tidak terlalu belakang. Kalau terlalu belakang, jika dikasih dropshot, habislah kita. Kalau terlalu depan akan menyulitkan kita untuk memberikan respon attack balasan, baik karena kita kalah jangkauan smash atau memaksa kita melakukan clear shot. Dibuat kiri kanan supaya masing-masing dari pasangan cukup menjaga setengah lapangan saja. Harapannya masing-masing dari kita bisa mengcover bagian masing-masing. Kalau liat di berbagai ajang badminton internasional nampaknya juga seperti itu. Namun dengan formasi seperti ini biasanya paling susah melakukan defence dengan smash ke arah tengah, yang sering menyebabkan miskomunikasi antara kedua pemain.
  3. Kedua posisi attack dan defence ini tentu aja flexible gak mesti selalu si A yang di depan B di belakang. Bisa terus-terus berputar. Inti dari kedua strategi ini adalah sikap tanggung jawab untuk mengcover daerahnya masing-masing. Kalau kita gak bisa balikin bola di daerah kita, rasanya kita akan terus-menerus menjadi sasaran serangan.

Sedikit tambahan penjelasan mengenai pukulan-pukulan dasar badminton bisa dilihat di gambar berikut ini.

Menanggapi komentar di atas penjelasannya adalah sebagai berikut : Bola dilob ke belakang, supaya saya punya waktu untuk ngambil posisi defence lagi. Sayangnya…. kadang-kadang clear shotnya fail, nggak sampai belakang jadi tanggung dan pooofff got a smash attack!!

Jadi kalau pukulan saya nggak menusuk tajam berarti saya sedang melakukan clear shot, bukannya smash fail -__-

3 pemikiran pada “badminton#strategi

  1. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back to your blog? My website is in the exact same niche as yours and my visitors would really benefit from some of the information you present here. Please let me know if this ok with you. Many thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s