[Tour de Jabar] Day 1 – Full adventure day!

Oke sampai mana post sebelumnya? Ah, Sampai di villa menjelang Shubuh. Percaya nggak percaya kita akan menjalani hari sabtu yang paling oke yang pernah saya alami. Tujuan hari ini, Sabtu, 19 Maret 2011 adalah sbb

1. Curug Cikaso
  2. Ujung Genteng
  3. Pantai Cibuaya
  4. Suaka Alam Penyu Pangumbahan

Sebelumnya perkenalan dulu :

Avanza#1

Avanza#2

Tidak bisa tidur lama-lama, setelah Shalat Shubuh (dan kemudian tidur lagi🙂 ), kemudian bangun lagi dan mandi. Seksi konsumsi berkewajiban pergi ke pasar untuk membeli perbekalan kita selama satu hari ini dan untuk besok pagi. Backpacker seksi-seksi tersebut adalah Tere, Kuncoro, Saya, Dhito, Neo, dan Adi (CMIIW, agak lupa).

Pulang, kasih bahan-bahan masak ke dapur untuk minta dimasakin sama orang villa, dan makan. Hm.. satu hal yang terkesan dari masakan Orang Surade ini adalah SAMBAL JAMPANG!! IT’S BOOM YO!! pedasnya nendang🙂

Suasana makan pagi hari sabtu di selasar villa

Suasana makan pagi di villa Surade

[Arc’ Curug Cikaso]

Setelah makan kita lanjut ke Curug Cikaso danau di daerah selatan Sukabumi. Jalannya seperti biasa rusak parah. Kali ini Avanza#1 mendayagunakan supir#2 Haryus, dan Avanza#2 mendayagunakan supir#3 only-day nya, Jiwo. Setelah muter-muter melewati banyak lobang jalan akhirnya tiba juga di sana.

Jalan kaki menuju Curug Cikaso melewati persawahan dan pinggir Sungai

Setelah marching sedikit melewati persawahan dan pinggir sungai

Tiba juga di curug cikaso

Backpacker di depan curug cikaso

Curug cikaso punya 3 air terjun. Kalau dilihat di foto atas cuma kelihatan dua. Satu lagi ada di kanan kedua air terjun ini. Airnya lumayan bersih. Beberapa backpacker nggak tahan untuk terjun ke dalam air untuk berenang di danau (bagi yang bisa berenang fufufu). Singkat cerita. Ganti pakaian. Makan di rumah makan padang kecil. Sholat. Dan persiapan untuk tujuan wisata berikutnya.

[Arc’ Ujung Genteng]

Next. Ujung Genteng. Sebelum ke ujung genteng kita mampir dulu ke pantai yang katanya Tanah Lot nya Sukabumi.

Tanah Lot nya Sukabumi

Tibalah saatnya mampir ke Ujung Genteng. Di sini kita mengelilingi daerah hm.. apa ya disebutnya.. Terumbu karang? Rawa? Apapun namanya kami menemukan banyak makhluk ketika melewati daerah itu. Landak laut, ular laut, bulu babi, dll.

Spot ini yang disebut dengan Ujung Genteng

Ular laut

Katanya sih Bulu babi

Bintang laut

Panorama Pantai Ujung Genteng

[Arc’ Pangumbahan-Cibuaya]

Setelah puas main di Ujung Genteng. Kita melanjutkan perjalanan ke Pangumbahan. Kita sempat berfoto di daerah pantai Cibuaya sebentar. Rencananya malamnya kita bakalan makan dan bikin api unggun di sini. Oya, kita beli ikan terlebih dulu untuk dibakar nanti malam.

Crap. Jalannya lebih jelek dari sebelum-sebelumnya. Jalan rusak sebelumnya nggak ada apa-apanya. Wow Avanza the super off-road vehicles!! Kasihan mobil sewaan ini. Kita harus ngebut melewati jalan off-road dari tanah berbatu untuk mengejar waktu sebelum petang. Karena di Pangumbahan kita berencana melakukan program pelepasan anak penyu ke pantai.

There it is!

Pantai Penyu Pangumbahan

Penyu yang akan dilepas saya ke laut untuk mengarungi masa dewasanya

Rencananya nanti malam kita akan kembali ke pantai ini untuk melihat penyu betina bertelur jam 9 malam. Selagi menunggu info apakah si penyu jadi keluar untuk bertelur atau tidak, kita makan malam bakar ikan sendiri dan membuat api unggun di pinggir pantai Cibuaya.

Night Session at Pantai Cibuaya. Bakar Ikan, Api Unggun, Nyanyi-nyanyi, Menunggu kabar si penyu betina akan bertelur atau tidak

Grilled Fish.. Yummy..

Ternyata hujan tiba. Rencana kita kacau. Kita nggak jadi kembali ke Pangumbahan melihat penyu betina bertelur. Kami memutuskan pulang sekitar pukul 21.30. Disini satu insiden terjadi. Kami menyebutnya “Jalan menuju australia”. Satu-satunya jalan yang menghubungkan antara Ujung Genteng – Cibuaya – Pangumbahan adalah sebuah jalan yang harus melewati pinggir pantai yang berhubungan langsung dengan Laut Selatan Jawa. Ingat, kondisi saat itu malam, hujan cukup lebat.  Kami terlanjur menerobos pantai dan sedikit laut (dengan avanza -__-) dan ternyata jalan di depan buntu.

Jalan buntu. Dua mobil terjebak dipinggir pantai laut selatan. Di sisi kiri terdapat tebing. Di depan jalan buntu. Di kanan laut dan karang. Panik. Beberapa crew keluar dari mobil mencari info bagaimana bisa kembali ke jalan. Ternyata kami harusnya belok ke kiri pada belokan yang pertama. Kami justru menerobos pantai lebih jauh. Akhirnya kami harus memutar balik mobil. Complicated. Ruang untuk memutar mobil sangat sempit. Selain jalan dari pasir berbatu, juga terdapat karang yang membuat ruang semakin sempit. Cuma ada satu orang penduduk sekitar. Itupun nggak membantu kita. Kata penduduk itu untung saja malam ini laut tidak pasang (dan notabene sekarang sedang terjadi Super Moon, tapi tidak terlihat akibat awan). Dengan sedikit perjuangan akhirnya kami berhasil memutar mobil. Malam itu sudah nggak peduli lagi mobilnya rusak atau gimana. Yang kami pikirkan malam itu selamat dan tidak terhanyut ke laut. Yep one fast ticket to go to Australia.

Kami kembali ke jalan yang benar. Setiba di villa. Entah mengapa nggak ada yang bisa tidur untuk sejenak. Awan memudar. Supermoon pun tampak. Efek super moon tidak begitu kelihatan di daerah ini, tapi memang menurut saya tampak sedikit lebih besar dari biasanya. Selain itu terdapat halo yang sangat besar di sekitar bulan. Cool. Ditambah beberapa awan nampak mengitari halo tersebut.

Super Moon. Ada halo di sekitarnya sebenarnya

We sleep to continue our next jouney. [To be Continued]

PS . Photos by Adityo Jiwandono, Rizky, and Kuncoro

Satu pemikiran pada “[Tour de Jabar] Day 1 – Full adventure day!