[Tour de Jabar] Departure

Hm.. The day had come. Keberangkatan kami dimulai pada hari Jum’at, 18 Maret 2011. Tepat ketika anak-anak ITB hampir semuanya selesai UTS. Rencananya semua backpacker akan menunggu di gerbang depan ITB. Neo dan Gin bertugas mengambil mobil sewa di daerah Tubagus Ismail. Beruntung yang tadinya dikalkulasi akan mendapatkan sewa mobil seharga 250 ribu, rupanya bisa lebih hemat 25 ribu permobil per harinya. Rupanya mobil sewanya terlambat datang dikarenakan penyewa sebelumnya terlambat mengembalikan mobil. Akhirnya mobil tiba juga di gerbang depan ITB. Yang tadinya direncanakan seperti di post sebelumnya berangkat jam 17.30 sore, molor hingga kami harus berangkat 20.30.

Pembagian penumpang dilakukan seperti berikut :

Mobil Avanza Hitam#1

  1. Neo (driver 1)
  2. Haryus (driver 2)
  3. Adi (navigator)
  4. Kuncoro (komunikator)
  5. Kamal
  6. Lutfi

Mobil Avanza Silver#2

  1. Gin (Day-Night Driver 1)
  2. Rizky, saya (Day-Night Driver 2)
  3. Jiwo (Only Day Driver 3)
  4. Dhito (Bendahara, komunikator)
  5. Khairul
  6. Pras
  7. Tere

Tujuan kami berangkat dari ITB menuju Villa di daerah Surade, Jampang, Sukabumi. Rutenya sebagai berikut :

  1. Gerbang depan ITB
  2. Tol Pasteur, turun di Padalarang
  3. Cianjur
  4. Sukabumi
  5. Surade

Perjalanan dari ITB ke Cianjur relatif lancar karena sudah malam. Avanza#1 disupiri Neo, Avanza#2 disupiri Ginanjar. Kami berhenti terlebih dahulu ketika sampai di daerah Cianjur untuk makan malam. Walaupun mobil avanza#2 sempat nyasar di Cianjur tapi akhirnya tiba juga di rumah makan Sate Maranggi.

Ayam Goreng Jakarta di persimpangan Cianjur

Oke, gambar diatas sebenarnya kurang representatif, tapi apa daya cuma ada satu orang yang inisiatif untuk foto-foto waktu berangkat, Rumah makan Ayam goreng Jakarta ini tepat berada di seberang rumah makan Sate Maranggi. Bisa dilihat disana kita berada di salah satu sudut di pusat kota Cianjur.

Suasana para backpacker yang udah kelaperan menunggu pesanan datang

Bercengkerama sambil menunggu Sate maranggi dan Soto Daging datang

Oke perjalanan dimulai kembali. Avanza#2 ganti supir, gin dengan saya. Perjalanan dilanjutkan hingga kota Sukabumi. Di sana sekali lagi sebagai follower Avanza#2 kembali “nyasar”, maklumlah pengemudi#1 Avanza#1 sedikit “ugal-ugalan”😀

Tidak disangka perjalanan selanjutnya yang nampaknya pendek rupanya seperti bencana bagi beberapa orang. Kelihatannya sepele: “Sukabumi-Surade”. Jalan menuju villa tidaklah user friendly. Tiga kata : SEMPIT, BERKELOK-KELOK, RUSAK. Jalan sempit dengan lebar sekitar 5-10 meter. Jalan dikelilingi oleh hutan-hutan perbukitan dan perkebunan yang berkelok-kelok. Terakhir jalannya rusak parah. Saya sebenarnya agak kurang tega mengemudi avanza melalui jalan ini. Heran dengan pengemudi#1 avanza#1 yang masih bisa kebut-kebutan di jalan seperti ini. Sayang mobil, sayang mobil. Haha, mumpung ini mobil sewaan, kesempatan off-road kali ya.

Setelah terjadi dua insiden “throw up” di tengah hutan, pergantian supir kembali pada mobil avanza#2 menjadi gin, dan pergantian posisi tempat duduk, akhirnya kami tiba juga di Villa milik salah satu kenalan teman saya sekitar pukul 3 atau 4 pagi.

[to be contiuned]

PS. photo shot by Adityo Jiwandono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s