Je suis Canonian (grey side of the story)

Kalau pada postingan sebelumnya saya menceritakan pencapaian saya mendapatkan cita-cita jangka pendek, yakni kamera digital SLR beserta pengalaman yang didapatkan ketika mempelajari d-SLR. Pada post kali ini saya menceritakan proses mendapatkan kamera SLR ini.

Voila, uang proyek saya akhirnya turun juga. Kalau ditambahkan dengan uang tabungan saya sudah lebih dari cukup untuk membeli kamera SLR. Awalnya pengen beli canon 1000D namun ada kekurangan vital yang menyebabkan saya tidak jadi membelinya : gak bisa video recording !!

Lanjut lagi hunting, kali ini saya hampir menjadi seorang nikonian. Teman menawarkan saya untuk membeli nikon d3100. Lebih tinggi dari seri canon 1000d, ada video recordingnya (bahkan lebih bagus dari canon 500d), walaupun kualitas fotonya katanya sedikit di bawah 500d. Sempat bingung beli diantara keduanya. NIKON atau CANON lebih tepatnya haha. Budget sih bilangnya mending beli d3100, tapi di toko yang lain bilang 500d lebih murah.

Saya juga tidak menutup kemungkinan membeli kamera digital second asalkan masih mulus dan SC (shutter count) dibawah 1000. Saya juga punya seorang teman yang juga sedang galau mencari d-SLR. Inceran dia udah pasti nikon d-3100 dari kaskus. Nicky memang lebih memilih video qualitynya ketimbang untuk fotonya. Dasar Nikonian Videonian.  Teman saya sudah tidak galau lagi, tapi ia masih perhatian dengan saya yang masih galau haha.

Tiba-tiba teman saya ini, menunjukkan suatu thread kaskus yang sedang menjual 500d miliknya. Ketegangan pun dimulai. Saya mulai menelepon, meng-sms si pemilik canon 500d. Ada beberapa pertimbangan saya begitu tertarik dengan canon 500d. Katanya canon udah nggak lagi memproduksi canon 500d. Sebagai pengganti telah ada 550d (Kiss x4) maupun 600d yang harganya nauzubillah… gak sanggup. Spesifikasi dari 500d ini cocok bangetlah bagi pemula seperti saya, that what I think at that time. Biasanya jual beli lewat kaskus paling aman dengan COD (Cash on delivery) ketemuan langsung, kalo oke langsung deal, bayar di tempat. Second dari dia juga menarik. Pertama dari foto yang dia kirimkan barangnya masih mulus, kedua yang paling penting : SC-nya dibawah 1000 gan!! Temen saya aja yang baru beli udah 7000-an SC nya, ketiga duitnya lumayan bisa menghemat sekitar 500 ribuan (notabene 500d gak dijual lagi di beberapa toko kamera terkemuka), keempat : dikasih bonus filter UV, kelima : layarnya udah dikasih anti gores sekitar 150 ribu. Nggak heran saya nekat untuk mendapatkan kamera ini.

Nah, dia itu orang Jakarta, namanya Duan. Seoarang Bassist yang pernah menjadi bassist temporernya marcel, dan beberapa artis terkenal lainnya. Kebetulan banget kan ketemu orang keren sambil dapet SLR. Harusnya kita ngetes foto berdua ya, siapa tahu dia nanti terkenal🙂

Saya sebenarnya menyerobot orang-orang yang udah dulu janjian sama dia. Tapi saya nekat ngasih DP 1 juta. Lumayan dengan keuntungan-keuntungan itu saya bisa menghemat uang. Nah sisi gelap dari transaksi ini adalah pada hari-H kita COD. Saya udah DP ke dia sehari sebelumnya. Saya nekat mau ke Cilandak Town Square sabtu itu. Saya naik travel dari taman sari bandung menuju lenteng agung untuk selanjutnya naik deborah menuju Citos. Saya berencana mampir ke rumah setelah selesai transaksi.

The Accident happened. Bangun-bangun (biasa naik travel selalu tidur pulas) ada miscall hingga puluhan dari orang tua dan keluarga. Damn. Mereka semua ke Bandung. Makjaaaaangggg!!!!!!!!!!!

Dan saya sudah di Jakarta.

Dan mereka di Bandung.

Tidur saya yang cukup pulas membuat saya tidak bisa dihubungi. Kekacauan pun terjadi. Kosan dihampiri, labtek 5 dihampiri, semua teman dekat ditelponin, dan saya di Jakarta, bagoooos🙂

Setelah transaksi satu kebodohan lagi adalah saya nggak tahu pulang dari cilandak town square ke depok gimana. Haha. Oke. Setelah survey cukup lama, menjelang maghrib saya menemukan bis deborah setelah jalan ke arah gerbang tol.

Kisah ini diakhiri dengan saya dan SLR sudah bersama, dan malam dipenuhi ceramah-ceramah yang panjang.

Satu pemikiran pada “Je suis Canonian (grey side of the story)

Tinggalkan Balasan

