Fukushima – chernobyl 2?

Ingat kisah chernobyl, salah satu kota di rusia yang mengalami ledakan reaktor nuklir beberapa dekade silam? Kota chernobyl ke dua bisa saja terbentuk. Rentetan gempa dahsyat yang dialami oleh Jepang baru-baru ini (yang terbesar sekitar 8,9 SR) menimbulkan efek domino untuk bencana lainnya. Tsunami, kebakaran kilang minyak, dan yang terbaru adalah ledakan reaktor nuklir. Salah satu kota yang mengalami kejadian itu ledakan reaktor nuklir itu adalah Fukushima.

Kalau mengingat kisah chernobyl menyedihkan rasanya kalau terbentuk kota mati kedua. Chernobyl kini dianggap sebagai kota mati. Hal tersebut cukup wajar mengingat radiasi dari ledakan nuklir biasanya bertahan cukup lama sehingga menyebabkan tempat tersebut tidak layak huni. Apakah hal tersebut bisa terjadi di Fukushima?

Hal yang paling saya soroti di sini sebenarnya lebih ketanggapan pemerintah Jepang dalam menangani bencana. Jepang yang sepanjang sejarahnya selalu dihantam tsunami dan gempa terus menerus belajar dan berbenah agar bencana bukanlah excuse untuk tidak menjadi bangsa yang maju. Lihat saja gempa sebesar 8,9 SR itu tidak membuat gedung-gedung yang tinggi menjulang di kota runtuh. Bangunan yang kuat saja saya pikir tidak cukup. Diperlukan tingkat kelenturan desain material bangunan sehingga kuat menahan goncangan.

Kemudian saya beralih kepada isu nuklir di Indonesia. Saya merasa sangat heran dengan negara ini yang sangat reaktif menanggapi isu yang muncul. Mereka bilang, “wah lihat saja Jepang, reaktor nuklir mereka meledak, terjadi banyak korban dan timbul petaka radiasi, tolak pembangunan PLTN di Indonesia”, kira-kira begitu pesan yang saya tangkap dari berita-berita perdebatan nasional. Saya pikir kejadian tersebut bukan merupakan alasan untuk mengembangkan potensi nuklir di negara kita. Kebutuhan sumber daya listrik dari pasokan minyak sudah terlalu tinggi. Kita membutuhkan alternatif-alternatif sumber lain selain minyak mentah. Jangan sampai ketika negara lain menguasai nuklir kita baru mulai menekuninya.

Saya yakin Jepang akan bangkit dari bencana ini dengan cepat. Saya juga yakin pemerintah Jepang tidak akan kapok membangun reaktor nuklir untuk kebutuhan pasokan listrik mereka. Malahan mungkin saja Jepang akan membangun reaktor nuklir yang tahan goncangan hingga 10 SR nantinya. Manusia terus belajar. Janganlah kita disempitkan oleh ancaman-ancaman di sekitar kita. Kita dianugerahi otak yang luar biasa dari Allah SWT. Walau begitu perhitungan yang matang tetap diperlukan untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s