Detektif Swasta

Baru-baru ini mendengar berita di televisi bahwa isu detektif swasta sedang marak diperbicangkan. Saya sendiri baru tahu kalau detektif swasta ternyata ada. Kemarin saya lihat ada Bali Eye, ataupun detektif swasta lainnya. Masalah legalitas dari instansi ini sebenarnya menurut yang saya dengar dari kepala polisi di berita adalah ilegal.

Jasa detektif swasta di Indonesia walaupun katanya tidak diakui namun mulai sering digunakan jasanya. Keperluannya bermacam-macam. Ada yang menggunakan jasa para detektif ini untuk masalah bisnis, hukum, atau bahkan masalah sepele : Romansa. Biasanya berhubungan dengan percintaan dan perselingkuhan. Client biasanya merogoh duit sangat banyak untuk memakai jasa mereka. Ada yang menggunakan mereka untuk mengecek apakah pasangannya sudah punya pasangan atau belum. Ada suami/istri yang meminta dilakukan investigasi apakah pasangannya berselingkuh. Ada pula yang murni bisnis yakni dalam hal memata-matai lawan bisnisnya. Rasanya geli juga mendengar itu semua. Tapi inilah faktanya, world is full of mystery, people can’t live without secret, dan sekelompok orang mencoba memanfaatkan pasar tersebut.

Saya pernah bertanya-tanya masalah ini kepada teman saya anak hukum. Jadi detektif ternyata ada dua. Detektif swasta dan detektif yang dimiliki negara (kepolisian). Keuntungan menggunakan detektif polisi sebenarnya adalah dalam segi legalitasnya, namun kekurangannya adalah dibutuhkan fakta yang cukup untuk memulai investigasi sesuatu, tidak bisa seenak kita aja. Di Indonesia ternyata sudah ada. Mungkin karena di Indonesia jarang sekali terjadi pembunuhan-pembunuhan yang aneh atau kasus-kasus yang aneh (syukurlah, phew) sehingga bisnis detektif belum begitu subur. Terlebih lagi untuk menggunakan jasa mereka kita membutuhkan kocek yang tebal.

Saya jadi teringat dengan serial-serial detektif baik pada komik (detective conan, kindaichi, dan QED) atau bahkan serial drama. Semuanya menyajikan petualangan dan misteri penuh intrik yang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Terkadang semua misteri itu dibuat secara tidak masuk akal. Sometimes it’s just happen, reality much real than comic.

Saya punya cerita lucu mengenai isu detektif ini. Kisah ini terjadi sekitar 3-4 tahun yang lalu dimana saya baru lulus dari SMA. Ketika SMA saya tergabung dalam suatu komunitas di forum bernama gameindo. Saat itu ada satu thread pada topik longue mengenai pencinta detektif. Kami terdiri dari sekitar 20 orang dan yang aktif paling sekitar10 orang. Kami membentuk klub detektif bernama.. eum.. oh iya.. DGI (Detektif GameIndo). Masing-masing anggota menjadi satu anggota detektif ini. Setiap anggota mendapatkan nama agen, dan saya menjadi agen I kalo nggak salah. Masing-masing anggota harus memberikan cerita detektif yang harus ditebak jawabannya oleh anggota lainnya. Cukup menarik mengasah insting deduksi kita dengan kisah-kisah detektif. Para agen usianya beragam dari saya yang masih SMP (awal ikut forum), hingga mereka yang sudah kuliah. But I can follow it. Karena pendirinya udah lulus kuliah nampaknya, akhirnya saya memutuskan untuk migrasi ke situs ini. Saya sambil main-main membuka jasa perdetektifan dengan nama Detektif Jangkrik Ijo. Kalau penasaran bisa mengecek semua postingan saya dalam kategori “dect-JI”. Nah, suatu ketika ada seseorang yang mengomentari postingan saya :

Hey, saya butuh bantuan detektif cepat, hubungi saya ya di 08xxxxxxxxxxxx. Thx

Seriously?😀

Harusnya waktu lulus SMA kali itu saya memanggil nomor tersebut ya, siapa tahu sekarang saya sudah jadi detektif swasta terkenal. Hehehe.

4 pemikiran pada “Detektif Swasta

  1. setuju, gan, ngerilah kalau kejadian seperti di dunia barat pembunuhan yg aneh2 dll terjadi di sini.

    gpp deh klo detektif di sini kerjanya sekedar menginvestigasi percintaan, perselingkuhan dll

Tinggalkan Balasan

