Idealisme

Saya punya seorang teman dari jurusan hukum di salah satu universitas terkenal di Indonesia. Orangnya menyenangkan dan sangat heboh. Saya sering menghubung-hubungkan dia agar dia menjadi seperti Ally Mc Beal, seorang pengacara yang terkenal dalam salah satu serial TV di Amerika. Dulu cukup terkenal ketika ditayangkan di RCTI. Dia pun tidak keberatan. Saya sendiri prihatin dengan hukum di negara ini. Saya berharap ia tidak ikut-ikutan tercemar dengan kotornya dunia politik dan hukum. Money politic dimana-mana, korupsi dimana-mana. Sehati dengan saya, ia juga berharap doa dari teman-temannya agar ia tidak terjerumus kepada dunia bergelimang uang.

Well, time change people. Dua tahun setelahnya saya kembali menyinggung hal itu. Kami sudah hampir lulus. Saya kembali mengingatkannya kembali tentang saya yang sering menyebutnya ally mc beal junior. Begitu pula dengan harapan saya agar ia tidak ikut-ikutan terlibat dalam “dark path” serta money politic. Jujur saya sedikit terkejut dengan respon yang ia berikan.

“Sebenarnya untuk bisa bersih seperti itu bisa aja sih, ki. Menolak ini itu, berpegang tegus pada prinsip serta idealisme kita. Tapi yang kaya gitu gak bakal bertahan hidup di dunia hukum. Bisa aja sih, tapi presentasinya kecil sekali.”

Saya sempat memberikan argumen ketidaksetujuan saya, namun apa dikata dia hanya menyampaikan pendapatnya saja. Kemudian Saya hanya bisa diam merenung. Where is the she before? where is her idealism that I knew before? Nggak ngerti deh. Lingkungan memang bisa mempengaruhi kita, tapi bukan berarti bisa merubah idealisme kita. Majority nggak selamanya harus dituruti. Ngerti sih kalau sulit bertahan hidup diasingkan dari komunitas, tapi kalau itu salah? Ataukah saya terlalu naif karena belum menyentuh dunia nyata?

I don’t assume, I don’t judge. Although it’s just an opinion on what happen on law and politic in this country, it’s just concern me. I hope she can be a good prosecutor, lawyer, even honest judge. You’ll be one of our defender, pal!

Wish you the best.

Tinggalkan Balasan

