Ajax, asynchronous javascript and X

Konsep ajax diperkenalkan oleh microsoft ketika mereka memperkenalkan XHR (XmlHttpRequest) dimana kita bisa meminta request kepada server secara asynchronous. Asynchronous berarti halaman yang telah kita miliki bisa berjalan seiring dengan request baru yang kita minta ke server. Synchronous process yang sejak lama digunakan sebenarnya juga merujuk pada web yang harus menunggu request baru selesai untuk dapat dijalankan (baca: harus refresh loading page ulang ketika request ke server diminta).

Penggunaan ajax jangan ditanya lagi lah ya. Ini sudah menjadi bagian dari web 2.0 yang interaktif dan dinamis. Mari kita sebut merk : facebook, Multiply, Photo management seperti photobucket, dan bahkan google yang pencariannya sekarang dapat dilakukan secara runtime..

Ajax singkatan dari asynchronous javascript and xml. Aynchronous merujuk pada proses, javascript merujuk pada controllernya, dan xml merujuk pada container datanya. Namun kontek “X” pada ajax nampaknya sedikit bergeser dari tahun ke tahun. Kita tidak lagi harus “saklek” nurut menggunakan xml sebagai container pertukaran data antara client dengan server. Sekarang ada media container lain yang dapat menggantikan xml yang relatif terlalu ribet dan banyak aturannya, untuk saat ini ada JSON.

Beberapa keuntungan menggunakan JSON diantaranya adalah lebih mudah menghandle data JSON ketimbang XML. Selain itu hasil serialisasinya lebih kecil dibandingkan XML. Secara kasat mata saja JSON lebih ringkas dibandingkan dengan XML. Bentuknya hampir seperti nested array. Walau demikian keduanya dapat digunakan bersamaan. Javascript menerima kedua bentuk data itu.

Jadi kini ajax bisa kita sebut sebagai asynchronous javascript and X.

X for anything😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s