PSI – Quiz

Berikut kuis dari kuliah perencanaan sistem informasi.

  1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi (IT)
  2. Apa korelasi antara strategi bisnis, strategi SI, dan strategi IT

Mari kita ulas.

Nomor 1 tentang definisi ya. Sistem informasi tuh sebenarnya lebih ke sistemnya, dan IT lebih ke teknologinya. Berbagai aplikasi yang memiliki suatu fungsi tertentu dalam mengolah informasi disebut SI. Misalnya sistem accounting, sistem manufacturing, sistem kepegawaian, atau bahkan sistem keseluruhan yang terpadu seperti ERP. Sementara IT lebih merupakan teknologi pendukungnya baik software, hardware, atau jaringannya. Bagaimana membuat SI lebih efektif dan efisien, itulah mengapa IT diperlukan. Kalau SI sudah mikirin bisnis, kalau IT lebih fokus terhadap teknologinya.

Nomor 2 tentang korelasi strategi bisnis-SI-IT.

Kita mulai dengan term Strategi. Kenapa suatu perusahaan memerlukan strategi? Strategi diperlukan untuk menjalankan perusahaan bergerak ke arah tujuan visi serta misi mereka secara efektif dan efisien. Strategi-strategi tersebut selain strategi bisnis juga terdapat strategi menyikapi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Semua strategi tersebut harus dilihat utuh oleh karena itu biasanya dilakukan oleh pihak manajemen yang berada di level atas.

Kalau strategi bisnis jelas menbahas tentang apa saja yang harus dipikirkan untuk mencapai visi perusahaan itu dari segi bisnis.

Lalu Strategi Sistem Informasi adalah memikirkan sistem informasi apa saja yang dibutuhkan untuk membantu berjalannya strategi bisnis.

Dan implementasinya dapat dilakukan dengan strategi teknologi informasi agar pengembangan SI dapat lebih baik. Teknologi apa yang tepat diimplementasikan pada SI ini dan itu. Spesifikasi hardware seperti apakah yang dibutuhkan, dan lain-lain.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya SI lebih dekat ke bisnis, dan IT ke teknologi. Dari pernyataan ini saja sebenarnya sudah menunjukkan korelasinya. SI membantu proses bisnis, sehingga perencanaan pengadaan SI diperlukan dari strategi SI. Sementara TI perlu direncanakan strateginya karena terjun ke bidang ini berarti investasi yang memerlukan biaya juga seperti hardware, software, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s