This, Jen, is the internet

Ini merupakan salah satu scene favorit dari salah satu episode di serial The IT Crowd. This is the internet. Nggak ngerti aja kenapa saya ketawa banget melihat adegan ini. Bagaimana orang begitu terpana melihat kotak hitam yang misterius itu. Maksud Moss adalah mengerjai Jen yang awam terhadap IT ketika Jen diminta untuk melakukan presentasi mengenai divisinya. Moss memberi ide presentasi mengenai “internet”, dimana ia memperkenalkan kotak hitam misterius dengan LED merah di atasnya. Saya sendiri kurang ngerti maskutnya itu kotak apa; mungkin maksudnya router, atau Access Point kali ya, entahlah intinya Moss menjelaskan kepada Jen bahwa kotak itu adalah internet. Moss dan temannya mengharapkan tawa membahana  dari divisi lainnya karena keawaman Jen terhadap IT, namun justru divisi lain menganggap serius Jen dan candaan mereka “the internet”. Hingga kekacauan terjadi. LOL.

Dari scene ini saya mempelajari bagaimana sebenarnya hubungan relasi antara perusahaan secara umum dengan divisi IT di perusahaan tersebut. Seringkali terdapat gap antara mereka orang IT dan orang non-IT. Saya tidak bisa menyangkal hal ini. Terkadang orang IT  suka merasa sedikit “sombong” hanya karena mereka tahu beberapa istilah IT. Padahal mereka tahu itu karena mereka tahu lebih dulu. Kalau mau diadu tidak adil jika mengadu pengetahuan yang memang merupakan bidang mereka.

Jadi keberadaan Jen sebenarnya memang diperlukan dalam suatu divisi IT. Orang yang menghubungkan manusia dengan komputer, secara kasar. Maksudnya harus ada orang yang mampu menjembatani keduanya, mampu berkomunikasi dengan bahasa bisnis yang cenderung awam dengan perkembangan IT, ataupun dengan bahasa IT yang cenderung bersifat teknis. Kalau hal itu terpenuhi dimana komunikasi antara keduanya terjalin, maka kedua pihak akan mendapatkan performa yang maksimal. Pihak bisnis mendapatkan manfaat dari Sistem informasi dan IT yang difasilitasi oleh divisi IT, pihak IT juga bisa bekerja maksimal karena tuntutan mereka dipenuhi (kebutuhan server, software, perangkat keras lainnya). Karena pada dasarnya IT hadir untuk memberikan support bagi visi misi bisnis perusahaan itu. Yep, IT harus berjalan sesuai bisnis proses perusahaan masing-masing😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s