Hilang Kenapa? (Part 2)

Ini post lanjutan dari postingan Hilang Kenapa?

Waktu itu saya mencurigai ada 3 pelaku yang menyebabkan alokasi disk di drive C laptop saya, massively lost. Antara virus, auto back-up file di windows 7 yang lokasinya entah dimana, atau auto save draft dari Microsoft Office-Like.

Ada satu tambahan suspect pelaku. Satu tambahan calon tersangka itu adalah konversi alokasi disk C yang kosong menjadi memori seperti partisi SWAP kalau di Linux. Rasanya pernah dengar windows seven memiliki fitur ini. Tapi save it for later.

Setelah berkonsultasi dengan seorang teman saya teringat saya terlalu naif untuk tidak menyadari beberapa hal ini.

  1. Kenapa saya tidak melakukan defragmentasi file di drive C? Walaupun sebenarnya defragmentasi drive sudah dilakukan secara otomatis dan berkala untuk settingan default windows 7.
  2. Kenapa saya tidak mencoba disk cleanup pada drive C?

Oke poin pertama saya sudah sering lakukan. Tapi untuk poin kedua sedikit tricky. Sering mendengarnya tapi jarang saya lakukan. Setelah mencoba scanning disk cleanup, tahukah apa yang saya temukan?

  • Downloaded Program files 0 bytes
  • Temporary Internet files 36,1 MB
  • Game statistics Files 3 KB
  • Recycle Bin 11 MB
  • File-file error report, dump, and queue -like  up to 15MB total
  • Thumbnail 111 MB

Percaya nggak percaya gede juga.. lihat deh thumbnail kok bisa sampai menghabiskan 111 MB. Is that it? Ada satu poin yang kelewatan rupanya. It’s the best part, yo!!

  • Temporary Files

Saat saya baca deskripsinya dia bilang seperti ini :

Programs sometimes store temporary information in a TEMP folder. (WHICH IS I NEVER KNOW WHERE IT IS. OH GOD -red) Before a program closes, it USUALLY deletes this information. (USUALLY? SERIOUSLY?-red)

You can safely delete temporary files that have not been modified in over the week.

Oh, crap. Tahu nggak sih berapa ukuran total Temporary Files? 3,09 GB! Parah banget nggak sih. Oke, fakta di atas setidaknya menunjukkan beberapa fakta yakni :

  1. Temporary files inilah suspect yang saya sebut sebelumnya dengan auto back-up file di windows seven atau bisa juga disebut dengan auto save drafts nya office-like.
  2. Oke Total 3.25 GB alokasi disk saya di C sekarang terbebas sudah😀
  3. Buat para pembaca sekarang Anda tahu kan bahwa bukan dugaan lagi kalau windows seven punya sistem auto back-up file. Jadi kalau kalian kehilangan data dokumen, atau lupa simpan dokumen, silakan cari Folder TEMP tersebut. Walaupun kalau kalian salah menghapus dokumen saya cenderung lebih senang untuk menggunakan aplikasi recovery deleted files seperti recuva, dll.

Ah payahnya kenapa nggak kepikiran disk cleanup dari kemarin. Dengan demikian saya tutup postingan dengan judul ini. Kecuali saya terbukti menemukan suspect-suspect lainnya. See you😀

Tinggalkan Balasan

