Hilang kenapa?

Belakangan ini saya heran dengan perilaku alokasi disk space drive C:/ pada komputer saya. Sebagai info saya sudah mengenakan OS windows 7 sejak kira-kira awal tahun kemarin. Alokasi disk space saya adalah sebagai berikut :

  • Disk C sekitar 50 GB
  • Disk D sekitar 250 GB

Seingat saya terakhir kali saya menginstall aplikasi-aplikasi berukuran besar adalah ketika disk space saya sudah terisi 35GB/50GB. Nah dari hari kehari entah sejak kapan disk space saya berkurang. Mungkin karena alokasinya makin banyak  saya tidak menyadari hal ini. Dulu sih curiganya adalah karena saya sering mendownload sesuatu kemudian secara default tersimpan di folder Download user. Oke saya saat itu masih berprasangka baik.

Suatu ketika saya ingin menginstall PERL module dan semacamnya tiba-tiba gagal dan setelah saya cek alokasi disk space saya cuma 212 MB yang FREE… Paniklah saya,, karena disk space saya sudah tidak bisa ditambah lagi dari alokasi disk D yang relatif jauh lebih besar ketimbang disk C. Mulailah saya curiga dengan aplikasi-aplikasi microsoft yang turut andil memakan disk space cukup besar karena produk microsoft .NET memerlukan dependensi-dependensi aneh-aneh yang sebenarnya tidak saya pakai pada akhirnya. Mulailah satu persatu saya uninstall-uninstall modul-modul .NET juga beberapa aplikasi lainnya yang saya anggap tidak perlu. Saya juga selalu menginstall aplikasi di drive D untuk aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu urgent prioritasnya. Virtual OS yang menggunakan VMWare kecuali Ubuntu yang menggunakan Wuby saya alokasikan di drive D juga. Semua itu cukup untuk membebaskan sekitar 12 GB. Wew, leganya.

Saya sudah tidak lagi mengecek-cek drive C selama beberapa bulan kemudian. Dan kemudian.. BOOM.. copy attempt has failed. You don’t have enough memory. Oh CRAP!! kenapa lagi ini. Disk space yang tersisa lagi-lagi menyisakan disk space di bawah 200 MB. Saya coba menghapus data-data sinkronisasi dengan HP, file back-up saya hapus, begitu pula dengan video-video. Drive C saya murni aplikasi dan beberapa hasil download yang ukurannya kecil. Namun semua itu cuma membebaskan sekitar 2-4 GB saja.

Dan beberapa hari belakangan ini kembali terjadi. Damn it. Alokasi drive C saya sekarang tinggal 200-an MB.

Hilang Kenapa?

Hilang Kemana?

Gara-gara apa?

Ada tiga pelaku yang saya curigai sebagai pencuri-pencuri alokasi disk space C saya:

  1. Auto Back-up File dari Windows 7. Saya seringkali mengupdate sebuah file document word yang berukuran hingga 70-an MB. Dulu saya pernah mendengar selentingan bahwa Windows 7 memiliki suatu feature dimana mereka secara otomatis membuat file back-up file dokumen kita yang lokasinya entah dimana. Saya curiga setiap kali saya melakukan Save terhadap file itu dan file-file dokumen lainnya windows seven melakukan back up yang sebenarnya tidak saya butuhkan. Tidak saya butuhkan karena pertama saya tidak tahu lokasi backupnya, kedua saya selalu memback-up file saya secara manual. Ini masih asumsi karena saya coba google tentang ini tapi belum menemukan jawaban yang pas.
  2. Auto back-up dokumen dari Ms.Word 2007. Setahu saya ada feature auto save draft sebuah dokumen pada produk-produk office microsoft. Saya sudah tahu lokasinya. Kalau kalian masuk ke menu > word options. Kalian akan menemukan pada bagian tab menu “Save” sebuah lokasi auto save draft dokumen untuk mencegah terjadinya kehilangan data seandainya kita lupa menyimpan dokumen. Tidak hanya di word rasanya, office lain seperti excel, power point dan lain-lain memiliki feature ini. Lokasinya secara default terletak di C:/user/<namauser>/Documents/SharePoint Drafts/. Anehnya ketika saya melakukan pencarian pada windows explorer bahkan dengan menu hidden file dan file system ditampilkan lokasi tersebut tidak ada.
  3. Virus. Saya agak menyangsikan point ini walaupun bukannnya tidak mungkin ini juga bisa terjadi. Seperti yang sering diulas oleh banyak situs kalau windows seven masih relatif kuat untuk menerima serangan virus-virus yang telah ada dari dahulu. Pihak tertentu (pernah baca disuatu situs) bahkan mereka mengclaim 8 dari 10 virus tidak bisa menyerang windows 7. Hal ini mungkin diyakini karena windows seven secara sistem jauh berbeda dari windows XP yang sudah banyak virus yang dapat menyerangnya sehingga belum banyak para virus maker yang berhasil menemukan celah-celah keamanan dari windows 7. Saat release windows 7 beta sebenarnya sudah ada pihak yang mengclaim terdapat hole di windows 7 yang akan membuat OS tersebut tewas seketika, namun pihak windows 7 sudah melakukan patch terhadap isu tersebut. Jadi kesimpulan saya masih mungkin bahwa pencuri alokasi disk space C saya adalah gara-gara si virus multiplikasi file atau apapun jenisnya.

JADIIIIII….. jadi apa dong ya.. duh belum ketemu nih solusinya. Dan ketika saya menulis postingan ini disk C saya kembali kehilangan 70MB lagi. Whoa.. setelah saya cek lagi 70 MB yang hilang itu kembali. Semoga jawaban dari semua ini ketemu deh. Keep update.

::PROBLEM UNSOLVED::

to be continued

Satu pemikiran pada “Hilang kenapa?

Tinggalkan Balasan

