Ide

Waktu teman saya menanyakan untuk tugas aplikasi mobilenya tentang aplikasi apa yang bagus untuk dicoba, saya jawab augmented reality. Pernah tahu game nokia “tembak nyamuk”? Kita menjadi user dengan sorot target ke arah nyamuk yang berterbangan dengan latar belakang “dunia nyata” yang gambarnya dishoot dari kamera kita.

Ide augmented reality menggunakan realita untuk diadopsi ke dalam teknologi IT. Sebut saja contoh augmented reality lainnya adalah dengan membuat visual 3D gunung berapi dari satu gambar tekstur 2D gunung berapi.

Lalu teman saya kembali bertanya apa contoh idenya, saya sebut asal saja “Future face recognition”. Ketika diaktivasi kita memanfaatkan kamera untuk mengambil gambar teman kita secara live. Lalu aplikasi itu akan menampakkan muka kita 10 tahun kemudian, 20 tahun bahkan 50 tahun kemudian sesuai dengan opsi yang kita pilih. Mungkin saja akan tampak muka kita menjadi berkerut, beruban dan berkacamata. Pakaian kita juga bisa menjadi pakaian orang tua atau malah futuristik. Sekali lagi ini cuma ide.

Teman saya lalu menertawai saya. Beberapa hari setelahnya saya baca di techcrunch.com muncul aplikasi iPhone augmented reality yang membuat wajah orang tampak seperti di tonjok. Ide yang serupa konsepnya. Haha, mungkin dunia masa depan kita begitu ya. Kita muncul ide lalu kita berlomba untuk mengaplikasikan ide itu, dan kalau beruntung tidak keduluan serta sukses mungkin kita mendapatkan kesuksesan dari ide itu. Ide memang cukup berharga untuk sekedar dilewatkan.

Tinggalkan Balasan

