CMS locally, FTP locally

Tidak disangka apa yang dilakukan oleh teman saya cukup menarik juga. Ia membuat blog CMS yang dapat diakses secara lokal oleh teman-temannya. Yang menarik di sini adalah dia bisa mengupload postingan dokumentasinya kapan pun dia mau tanpa perlu mengkhawatirkan koneksi internet lagi tersambung atau tidak.

Dia menggunakan XAMPP apache server sebagai web servernya dan XAMPP mysql untuk akses databasenya, kemudian di root XAMPP/htdocs-nya dia masukkan CMS drupal. Ada dua keuntungan dari perbuatan dia :

  • Memudahkan dia untuk menyimpan file-file yang ia anggap menarik untuk dibuka kapanpun
  • Belajar CMS. Dalam kasus dia belajar drupal
  • Kalau teman-teman satu kosan dia butuh suatu info yang ia sudah post di CMS blognya ia tinggal memberi tahu IP address dia untuk dibuka dalam browser

Hal lainnya lagi yang menarik ia membuat FTP server di komputer windowsnya. Hmm, gunanya seperti FTP pada umumnya untuk sharing file, tapi dalam kasus ini cuma disharing ke teman-teman satu kosan saja. Tentu saja komputer dia harus menyala dong, tapi ini bukan suatu masalah karena komputer yang ia miliki adalah komputer desktop. Dia memanfaatkan Filezilla yang terdapat pada XAMPP sebagai FTP server. Teman-temannya sebagai client bisa menggunakan ftp client apapun seperti Total Commander, Connect to network pada linux, filezilla client, dan lain-lain.

Kenapa tidak menggunakan feature sharing yang ada pada windows?

Menurut dia, di windows ada suatu bug atau kekurangan atau emang begitu adanya dimana folder yang ia sharing tidak bisa di remove sehingga menyulitkan untuk manajemen sharing. Hmm.. menarik, soalnya saya juga kurang suka dengan sharing foldernya windows karena memerlukan password komputer saya sendiri. Dengan menggunakan FTP server, teman saya kan tidak perlu diberi tahu password komputer saya, cukup password FTP-nya aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s