static bites

Pernah gak sih kalian merasakan sedikit tersengat listrik saat mengetik pada leptop nda, saat memegang kenop pintu dari metal, ataupun ketika memegang peralatan rumah tangga seperti setrika, mixer, blender, dll?

Well, gw sendiri merasa aneh, kadang terjadi kadang nggak. Nah, barulah gw sadari hal pertama yang menyebabkan gw tersengat static tersebut adalah bahwa gw terhubung langsung dengan bumi. Entah itu bersentuhan dengan tembok rumah, gagang pintu yang notabene dari metal, berdiri di lantai tanpa alas kaki, dll semua itu menghubungkan tubuh kita sama bumi.

V =I x R

Bumi boleh aja kita anggap punya hambatan yang tak terhingga sehingga banyak perangkat listrik yang melakukan grounding. Biasanya kita kena static karena daerah tempat kita berhubungan langsung dengan bumi tuh mengalami kebocoran listrik. Apapun itu.

Tapi heran juga dengan gw sendiri. Kenapa orang lain gak kena static saat pegang kenop pintu metal, sedangkan gw kena. Kita sama-sama pakai sepatu, sama-sama pegang kenop tanpa sarung tangan. Kemarin gw menemukan jawabannya. Gw yang sangat mudah berkeringat adalah penyebab kenapa cuma gw yg sering kena static dibandingkan orang-orang lain. Tubuh kita sebagian besar adalah air(lebih dari 70% nampaknya).

Waktu itu gw sedang tiduran di kasur sambil mengetik kemudian tiba-tiba saja gw kena static. aneh padahal biasanya gw gak pernah kena static waktu ngetik dengan posisi ini. Kontan aja gw menarik kaki gw yg tertempel di tembok dan voilaa!! gak nyetrum lagi. Tapi gw masih penasaran kenapa biasanya gak nyetrum lantas sekarang nyetrum. Taunya gara-gara gw lagi keringetan. Gw pernah inget bahwa air garam tuh konduktor yang baik. Gak heran saat pegang gagang pintu dulu cuma gw yg nyetrum. Penyebabnya rupanya dari sifat gw yg gampang keringetan.

Begitoooh..

Tinggalkan Balasan

