Caritahu identitas facebook orang lain(Ideas)

Dikisahkan Anda diteror oleh seseorang di rekening Facebook Anda. Misalnya Anda menerima message dari orang yang tidak dikenal secara berulang-ulang, atau orang tersebut menuliskan pesan yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana Anda mengetahui siapa orang ini?

Atau Dalam kasus lain, Anda diminta untuk mencari tahu siapa yang membuat sebuah group tanpa ikut menjadi anggota dari group tersebut.

Bagaimana idenya? Ayo coba kita kemukakan sama-sama di sini.

Ada beberapa teori yang saya pikirkan, beberapa diantaranya hasil kutipan orang-orang yang menurut saya jenius:

  1. Setelah mengerjakan tugas intelejensia buatan kemarin saya memahami sedikit bagaimana caranya membuat aplikasi facebook. Developer facebook menyediakan API untuk membuat aplikasi facebook. Caranya pun relatif mudah, tinggal si kitanya yang harus kreatif bagamana membentuk suatu aplikasi facebook. Nah, disini kita dapat memanfaatkan aplikasi facebook untuk melacak keberadaan peneror. Saya pernah melihat suatu aplikasi facebook dimana ia mengecek siapa yang sering sekali menghubungi atau mengecek akun facebook Anda. Nah, mungkin saja aplikasi facebook tersebut bisa Anda modifikasi menjadi aplikasi mata-mata facebook. Pada API yang disediakan oleh facebook, ketika kita berhasil mendapatkan uid(user ID) dari akun facebook yang dimaksud, kita dapat mengakses semua data-data dia, mulai dari nama, email, dan lain-lain. Batasannya yakni jika ia sekedar meneror dan tidak melengkapi identitasnya, cara ini agak terasa sia-sia.
  2. Kita dapat menggunakan akun fake(palsu) untuk melacak balik orang yang menyerang kita(pendekatan social engineering). Misalkan dengan mendekati teman-teman dia, ketika selesai, mencoba untuk menambah dia sebagai teman dari akun facebook Anda. Dengan demikian sang peneror tidak khawatir dengan Anda karena Anda telah memiliki common friend dengannya. Kalau Anda sudah menjadi teman, silakan berkreasi untuk caritahu identitas peneror yang telah menjadi teman Anda itu.
  3. Nah, kalo ide ke-3 sih dari pak Budi, cara jenius atau simpel sebenernya tapi perlu saya tulis sih. Sayang kalau tidak diberitahu ke kalian. Prerequisitenya Anda harus memiliki server sendiri ataupun hosting yang bisa mengecek log http.access web servis. Idenya adalah Anda menyimpan gambar kosong di host/web server ini. Kemudian pada akun facebook Anda postingkan gambar ini menggunakan link/tautan yang mengacu ke host/web server ini. Usahakan gambar tersebut tidak dapat disadari keberadaannya oleh si peneror. Nah begitu si peneror mengakses facebook Anda untuk mulai meneror. Data gambar tersebut pasti di load dari host/server Anda. Dan pada saat itu pula permintaan load gambar tersembunyi tersebut akan tercatat pada log http.access. dan Taaadaaa.. Anda mendapatkan IP orang tersebut.

Satu pemikiran pada “Caritahu identitas facebook orang lain(Ideas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s